Show simple item record

dc.contributor.authorSaroh, Siti May
dc.date.accessioned2024-01-30T05:18:58Z
dc.date.available2024-01-30T05:18:58Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47189
dc.description.abstractPada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, guru terbiasa menggunakan metode konvensional, yang mendominasi pembelajaran hanya berfokus pada guru, dan kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif serta berkontribusi saat proses pembelajaran. Salah satunya terjadi di kelas VIII MTsN 10 Sleman pada pembelajaran Akidah akhlak. Peserta didik tampak tidak mengikuti pembelajaran dengan maksimal. Hal ini berdampak pada kurangnya pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran Akidah akhlak. Adanya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan model pembelajaran SAVI pada pembelajaran Akidah akhlak. Model pembelajaran SAVI adalah suatu model pembelajaran yang pelaksanaannya menggabungkan gerakan fisik dengan aktifitas intelektual melalui penggunaan seluruh alat indra yang dimiliki peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII yang telah diterapkanMTsN 10 Sleman. Adapun data yang diperoleh yakni melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis dengan langkah reduksi, display, dan verifikasi. Teknik penentuan informan yang digunakan yaitu purposive sampling dimana penentuan informan dipertimbangkan atas seseorang yang paling tahu mengenai objek penelitian. Hasil penelitian ini yaitu : 1. Implementasi Model Pembelajaran SAVI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII adalah a. perencanaan model pembelajaran SAVI, 1) Menyiapkan Materi Pembelajaran, 2) Menyiapkan Media Pembelajaran, 3) Menguasai Model Pembelajaran b. Pelaksanaan Model Pembelajaran SAVI, 1) Pendahuluan, 2) Kegiatan Inti terdiri dari empat aspek: Tahapan Pertama Aspek Somatic, Tahapan Kedua Aspek Auditory, Tahapan Ketiga Aspek Visual, danTahapan Keempat Aspek Intelektual c. Evaluasi Model Pembelajaran SAVI. 2. Hasil implementasi model pembelajaran SAVI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII yang meliputi: a. Peningkatan aspek kognitif, b. Peningkatan aspek afektif, dan c. Peningkatan aspek psikomotorik. 3. Kendala implementasi model pembelajaran SAVI Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII, yang meliputi: a. Kendala Pada Kemampuan Guru, b. Kendala Pada Konsentrasi Peserta Didik, c. Kendala Pada Sarana dan Prasaranaen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran SAVIen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.titleImplementasi Model Pembelajaran Savi (Somatis Auditori Visual Intelektual) dalam meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTsN 10 Slemanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422172


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record