dc.description.abstract | Pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, guru terbiasa menggunakan
metode konvensional, yang mendominasi pembelajaran hanya berfokus pada guru,
dan kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif serta
berkontribusi saat proses pembelajaran. Salah satunya terjadi di kelas VIII MTsN 10
Sleman pada pembelajaran Akidah akhlak. Peserta didik tampak tidak mengikuti
pembelajaran dengan maksimal. Hal ini berdampak pada kurangnya pemahaman
peserta didik terhadap pembelajaran Akidah akhlak. Adanya penelitian ini bertujuan
untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan model
pembelajaran SAVI pada pembelajaran Akidah akhlak. Model pembelajaran SAVI
adalah suatu model pembelajaran yang pelaksanaannya menggabungkan gerakan fisik
dengan aktifitas intelektual melalui penggunaan seluruh alat indra yang dimiliki
peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan
untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori,
Visual, Intelektual) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Akidah
Akhlak Kelas VIII yang telah diterapkanMTsN 10 Sleman. Adapun data yang
diperoleh yakni melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis
dengan langkah reduksi, display, dan verifikasi. Teknik penentuan informan yang
digunakan yaitu purposive sampling dimana penentuan informan dipertimbangkan
atas seseorang yang paling tahu mengenai objek penelitian.
Hasil penelitian ini yaitu : 1. Implementasi Model Pembelajaran SAVI dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Akidah Akhlak kelas VIII adalah a.
perencanaan model pembelajaran SAVI, 1) Menyiapkan Materi Pembelajaran, 2)
Menyiapkan Media Pembelajaran, 3) Menguasai Model Pembelajaran b. Pelaksanaan
Model Pembelajaran SAVI, 1) Pendahuluan, 2) Kegiatan Inti terdiri dari empat aspek:
Tahapan Pertama Aspek Somatic, Tahapan Kedua Aspek Auditory, Tahapan Ketiga
Aspek Visual, danTahapan Keempat Aspek Intelektual c. Evaluasi Model
Pembelajaran SAVI. 2. Hasil implementasi model pembelajaran SAVI Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII yang meliputi:
a. Peningkatan aspek kognitif, b. Peningkatan aspek afektif, dan c. Peningkatan aspek
psikomotorik. 3. Kendala implementasi model pembelajaran SAVI Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII, yang meliputi:
a. Kendala Pada Kemampuan Guru, b. Kendala Pada Konsentrasi Peserta Didik, c.
Kendala Pada Sarana dan Prasarana | en_US |