Analisis Niat Berkunjung Kembali Masyarakat Terhadap Wisata Religi
Abstract
Pengembangan wisata religi dalam kondisi sosial ekonomi dan budaya dinilai sebagai
pengembangan pariwisata yang sangat baik di suatu wilayah atau kawasan, yang secara tidak
langsung memberikan dampak baik secara sosial maupun ekonomi. Di Pulau Jawa sendiri terdapat
banyak tempat wisata religi, namun animo masyarakat untuk merekomendasikan dan berkunjung
masih rendah, sehingga perlu dukungan dari berbagai pihak termasuk wisatawan peminat wisata
religi yang banyak kaitannya dengan kepatuhannya. Agama, Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol
perilaku yang dirasakan dapat mempengaruhi minat berperilaku. Oleh karena itu, penelitian ini
membahas tentang “Analisis Minat Masyarakat Terhadap Wisata Religi”.
Penelitian ini menganalisis variabel Sikap, Norma Subjektif, Perilaku Yang Di Rasakan,
dan Niat Berkunjung Kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis niat berkunjung
kembali masyarakat terhadap wisata religi. Penelitin ini menggunakan 204 responden di mana 113
laki laki dan 91 perempuan yang pernah melakukan kegiatan berrwisata religi dengan metode
penyebaran kuesioner dalam bentuk Google Form yang disebarkan melalui Group WhatSapp.
Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS)
analisis. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Sikap, Norma Subjektif,
Perilaku Yang Dirasakan berpengaruh Positif dan Signifikan terhadap Niat Berkunjung Kembali.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa Niat Berkunjung Kembali Masyarakat
terhadap wisata religi dengan menggunakan metode kuantitatif melalui sumber data yang di peroleh
dari kuesioner yang di sebar melalui Plat Form online WhatSapp.
Collections
- Economics [2183]