Efektivitas Pembelajaran Alquran dengan Metode Talaqqi Yanbu’a pada Santri Sunan Pandanaran di Asrama Mahasiswa Komplek 4 Pondok Pesantren Sunan Pandanaran
Abstract
Pembelajaran Alquran merupakan pendidikan yang sangat penting untuk
semua pihak dan golongan terutama para mahasiswa. Pondok Pesantren Sunan
Pandanaran memberikan fasilitas untuk memberikan pendidikan atau
pembelajaran Alquran melalui Asrama Mahasiswa Komplek 4 Pondok
Pesantren Sunan Pandanaran (PPSPA4) untuk mahasiswa yang kuliah
sekaligus ingin melanjutkan pendidikan pondok pesantren yang berbasis
asrama. Hal yang melatarbelakangi peneliti melakukan penelitian ini karena
sangat jarang pendidikan Alquran dilaksanakan pada masa perkuliahan dan
peneliti menemukan keunikan pada wshal bacaan di PPSPA 4 yang peneliti
tidak temukan pada tempat yang lain.
Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif.
Adapun subjek penelitiannya adalah santri-santri PPSPA 4, Guru Alquran
PPSPA 4, dan Pengasuh PPSPA 4. Teknik penentuan informan dilakukan
dengan cara menggunakan teknik purposive sampling, pengumpulan data
diperoleh melalui; observasi dan wawancara. Keabsahan data dilakukan
menggunakan teknik triangulasi yakni data diperoleh akan diolah menjadi data
yang dapat ditafsirkan serta terjaga kredilitasnya.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil bahwa faktor
pendukung dan faktor penghambat dari Efektivitas Pembelajaran Alquran
dengan Metode Talaqqi Yanbu’a pada Santri Sunan Pandanaran di Asrama
Mahasiswa Komplek 4 Pondok Pesantren Sunan Pandanaran adalah faktor
manajemen diri dan faktor manajemen pengurus serta berdasarkan hasil analisis
bahwa pembelajaran Alquran dengan metode talaqqy Yanbu’a di PPSPA 4 ini
efektif karena guru yang bermutu, tingkat pengajaran jelas dan terstruktur, dan
intesitas waktu yang cukup intensif.
Collections
- Islamic Education [864]