dc.description.abstract | Kesulitan belajar dalam membaca Al-Quran masih ditemui antara lain tidak semua
siswa lancar dalam membaca serta menulis ayat Al-Quran, masih ditemukan siswa
yang masih sulit dalam membaca huruf hijaiyah, ada yang masih belum paham
dengan ilmu tajwid serta makhorijul hurufnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu
untuk mengetahui Bagaimana peran guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca
dan menulis Al-Qur’an siswa SMP Negeri 3 Manisrenggo Kabupaten Klaten, Untuk
mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi kesulitan
membaca dan menulis Al-Qur’an siswa SMP Negeri 3 Manisrenggo Kabupaten
Klaten.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Sumber data dalam
penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru dan peserta didik. Instrumen penelitian
yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan
verifikasi data.
Peran seorang guru dalam pendidikan Agama Islam adalah lebih dari sekadar
memberikan arahan dan bimbingan, tetapi juga mencakup pelatihan siswa melalui
pemberian tugas-tugas yang mendukung perkembangan belajar mereka. Salah satu
kendala utama adalah kurangnya perhatian dari orang tua terhadap pendidikan
agama mereka. Oleh karena itu, seringkali siswa menjadi malas belajar membaca
dan menulis Al-Qur'an karena tidak mendapatkan bimbingan yang cukup dari
orang tua mereka.
Faktor pendukung dan penghambat dalam mengatasi kesulitan membaca dan
menulis Al-Qur'an di SMP Negeri 3 Manisrenggo termasuk adanya sarana dan
prasarana yang mendukung perkembangan belajar siswa. Ini termasuk
pelaksanaan tadarrus Al-Qur'an setiap pagi di sekolah. Namun, terdapat kendala
dalam hal akses terhadap pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur'an, terutama
dalam hal menghafalkan huruf hijaiyah dan dukungan orang tua. | en_US |