Mekanisme Pemasaran Bisnis Sambal Kampus; Produk Olahan Sambal Kemasan Praktis Dan Tahan Lama Dengan Berbagai Varian Isian
Abstract
Saat ini, tingkat persaingan di dalam dunia tingkat usaha makanan semakin ketat.
Semakin maju perkembangan jaman dan perubahan pola hidup manusia
menyebabkan kebutuhan manusia juga berubah, terutama dalam kebutuhan primer
yang salah satunya adalah makanan.Semakin meningkatnya kebutuhan pangan
tersebut, tentunya akan mendatangkan peluang bisnis bagi masyakarat, salah
satunya adalah usaha sambal kemasan. Alasan penulis memilih usaha bisnis sambal
kemasan adalah karena dilatarbelakangi oleh kegemaran masyarakat Indonesia
dengan makanan selera pedas dan bukan merupakan usaha yang musiman. Untuk
itu, sambal kemasan menjadi pilihan penulis membuat bisnis sambal dengan
kemasan yang praktis dan tahan lama dengan 3 variasi isian. Pada laporan ini,
penulis melaporkan aspek pemasaran dari bisnis Sambal Kampus yang meliputi
survei pasar, pemilihan platform media social, pembuatan logo dan desain kemasan
serta penetapan harga pemasaran bersama bidang keuangan. Tujuan dilakukannya
pemasaran dalam tugas akhir perintisan bisnis ini adalah untuk memperluas
pemasaran melalui media online maupun langsung dengan melakukan beberapa
program kerja yaitu pembuatan desain logo kemasan serta social media pemasaran
dengan target pasar mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Metode yang
dilakukan oleh penulis dalam melaksanakan tugas akhir perintisan bisnis ini adalah
dengan melakukan survei melalui google trends, shopee serta voting. Dalam
perintisan bisnis ini, kelompok penulis melakukan perintisan bisnis, yaitu Sambal
Kampus : Sambal Kemasan Praktis dan Tahan Lama dengan Berbagai Varian Rasa.
Perintisan Bisnis ini dimulai pada 17 Maret 2023 hingga saat ini. Penjualan
dilakukan melalui media socialInstagram, marketplace Shopee, Whatsapp Business,
serta pengiriman langsung.
Collections
- Islamic Economics [827]