Strategi Pengelolaan Pasar Tradisioadil Tradisional dalam Menghadapi Pasar Modern Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islam
Abstract
Masalah penelitian ini adalah pesatnya persaingan antar pedagang pada pasar
tradisional dan pasar modern dapat memberikan tantangan tersendiri bagi para
pedagang untuk memenangkan persaingan yang semakin kompetitif diantara
pelaku industri ritel dan meraih pangsa pasar, diperlukan suatu strategi pemasaran
ritel yang baik. Berkaitan dengan hal tadi pedagang pada pasar tradisional mulai
berkurang rasa kesadaran tentang kedisiplinan etika bisnis dalam berdagang, seperti
mengutamakan ibadah pada ilahi YME, menerapkan kedisiplinan waktu pada
menjalankan shalat tepat waktu. Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui dan
mendeskripsikan secara komprehensif mengenai penerapan etika bisnis Islam
dalam strategi pengelolaan pasar tradisional kersik tuo menghadapi pasar modern.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yaitu metode
kualitatif yang berbentuk deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah Untuk tetap
relevan dan berdaya saing di tengah pesatnya perkembangan pasar modern, penting
bagi para pengelola dan pedagang di pasar Kersik Tuo untuk mempertahankan
nilai-nilai budaya dan etika bisnis Islam sebagai identitas pasar tradisional. Analisis
literatur tentang etika bisnis Islam juga menemukan prinsip-prinsip lain yang
relevan dengan pengelolaan pasar Kersik Tuo tradisional bahwa nilai-nilai Islam
telah menjadi bagian penting dari budaya bisnis di pasar Kersik Tuo
Collections
- Islamic Economics [827]