Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Minat Menabung di BMT (Baitul Maal Wa Tamwil) Klaten
Abstract
Saat ini sektor perbankan telah mengalami perkembangan yang pesat dan menjadi salah satu
pemain dominan dalam aktivitas ekonomi. Perkembangan sektor perbankan memiliki dampak
signifikan terhadap kemajuan ekonomi suatu negara. Selain perbankan konvensional, terdapat
sistem perbankan yang prinsipnya menggunakan sistem bagi hasil yang disebut dengan
perbankan syariah. Dalam menjalankan operasionalnya, perbankan syariah memiliki tantangan
yaitu untuk mencapai masyarakat yang lebih kecil. Hal tersebut yang mendorong lahirnya BMT
yang merupakan Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Di era globalisasi seperti sekarang, BMT
harus mampu meningkatkan daya saingnya dalam persaingan antar Lembaga Keuangan
Syariah. Kualitas pelayanan dan kualitas produk yang disediakan oleh BMT dapat menjadi
faktor kunci dalam menarik minat masyarakat, begitu pula dengan pemilihan lokasi yang tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan
lokasi terhadap minat menabung di BMT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
kuantitatif. Populasinya adalah seluruh nasabah BMT di kabupaten Klaten dan teknik
pengambilan sampelnya menggunakan teknik convience sampling dengan jumlah responden
sebanyak 100 orang. Instrumen penelitiannya menggunakan kuesioner yang diolah dengan
IBM SPSS Statistics dilanjutkan dengan analaisis data menggunakan analaisis regresi linear
berganda dan koefisien determinasi, sedangkan pengujian hipotesisnya menggunakan uji F dan
uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk
masing-masing berpengaruh positif terhadap minat menabung di BMT, sedangkan variabel
lokasi tidak berpengaruh terhadap minat menabung.
Collections
- Akuntansi [4426]