Show simple item record

dc.contributor.authorBasysya, Ibrahim Rif’at
dc.date.accessioned2024-01-29T04:10:46Z
dc.date.available2024-01-29T04:10:46Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47107
dc.description.abstractFenomena pendidik yang menggunakan metode ceramah monoton kini menjadi persoalan terhadap mutu pembelajaran PAI. Salah satunya terjadi di SMPN 3 Manisrenggo Klaten pada kelas VII. Sehingga dengan itu siswa mudah mengantuk, bosan, berbicara diluar topik, hingga guru mengeluarkan teguran keras. Dengan hal ini maka komponen afektif dan psikomotorik peserta didik menjadi tidak terpenuhi. Salah satu teori belajar yang memandang bahwa perubahan perilaku merupakan tujuan akhir adalah teori behavioristik. Teori behavioristik juga sangat efektif diterapkan pada anak usia pra remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses penerapan teori behavioristik serta mengevaluasi minat siswa kelas VII SMP N 3 Manisrenggo Klaten sesudah menggunakan penerapan teori behavioristik pada pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian tindakan kelas mengikuti model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari proses perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah penerapan teori behavioristik pada pembelajaran PAI. Objek penelitian ini adalah minat peserta didik kelas VII SMP N 3 Manisrenggo. Teknik penentuan informan ini menggunakan Teknik Purposive Sampling yang memperhatikan kriteria tertentu sebagai penguat alasan seseorang menjadi infroman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teori behavioristik dilaksanakan melalui pola hubungan stimulus dan respon yang terkandung dalam proses melatih kesiapan, pemberian latihan, dan memotivasi peserta didik. Minat peserta didik mengalami peningkatan pada beberapa indikator seperti keinginan, perasan senang, pengetahuan, kebiasaan, dan perhatian. Hal ini didukung dengan hasil belajar peserta didik dengan rata-rata 86.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTeori Behavioristiken_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titlePeningkatan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N 3 Manisrenggo pada Pembelajaran PAI melalui Penerapan Teori Behavioristiken_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422134


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record