Peran Literasi Keuangan, Religiusitas, dan Psikologi Investor terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Syariah (Studi pada Mahasiswa FIAI UII Yogyakarta)
Abstract
Semangat mahasiswa yang tinggi dalam berinvestasi saat ini terlihat dari tingginya
kenaikan jumlah investor generasi muda namun dengan aset yang kecil. Mahasiswa
perlu memperhatikan berbagai macam faktor dalam memaksimalkan hasil
investasinya agar terus berkontribusi dan semangat berinvestasi. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor literasi keuangan, religiusitas, dan
psikologi investor terhadap minat mahasiswa Fakultas Ilmu Agama Islam
Universitas Islam Indonesia dalam berinvestasi di pasar modal syariah. Data yang
digunakan adalah data primer dengan perolehan data melalui penyebaran kuesioner
menggunakan google form dan menggunakan sampel sebanyak 100 responden.
Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling yaitu
responden merupakan mahasiswa aktif FIAI UII tahun angkatan 2018, 2019, 2020,
dan 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis
regresi linear berganda yang diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan, religiusitas, dan psikologi
investor memengaruhi minat berinvestasi secara simultan sebesar 33,2% dengan
melihat nilai R Square sebesar 0,332. Sementara pada pengujian secara parsial,
variabel yang berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi di pasar
modal syariah diantaranya religiusitas dengan nilai t hitung 4,536 dan koefisien
0,625 atau 62,5% serta psikologi investor dengan nilai t hitung 2,137 dan koefisien
0,154 atau 15,4%. Sedangkan, variabel literasi keuangan tidak berpengaruh
terhadap minat investasi yaitu dengan nilai t hitung 0,281 dan koefisien 0,055.
Collections
- Islamic Economics [827]