Peningkatan Prestasi Fahm Al-Maqru dan Kafa’ah Al-kitabah dalam Pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan Spinning Wheel pada Peserta Didik di Rumah Yatim Yogyakarta Cabang Monjali
Abstract
Belajar bahasa Arab adalah salah satu pelajaran paling menakutkan bagi siswa
di sekolah dan madrasah. Banyak dari mereka tidak suka mengambil kelas bahasa Arab.
Padahal kehadiran bahasa Arab di dunia islam sangatlah penting. Namun, masih banyak
siswa yang tidak pandai dalam pelajaran bahasa Arab. Di samping itu, memasuki era
perkembangan proses pembelajaran yang semakin bervariasi, seorang pendidik tentu
harus mampu memanfaatkan media dalam proses pembelajarannya. Salah satu contoh
media yang dapat digunakan dalam pembelajaran Bahasa Arab adalah media spinning
wheel atau roda putar, yang mana merupakan salah satu alat berupa lingkaran berputar
yang berisi berbagai gambar yang bergerak sepanjang porosnya dan berhenti pada
sebagian gambar. Dengan begitu peneliti bermaksud untuk menganalisis Peningkatan
Prestasi Fahm Al-Maqru dan Kafa’ah Al-Kitabah dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Dengan Menggunakan Spinning Wheel Pada Peserta didik di Rumah Yatim Yogyakarta
Cabang Monjali, yang mana miliki program belajar mengajar dalam rentetan kegiatan
hariannya.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas mengikuti model Kemmis dan
Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari proses perencanaan,
tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
dengan observasi, catatan lapangan, teaching log, dan juga dokumentasi. Adapun analisis
data yang digunakan adalah dengan analisis data interaktif yakni reduksi data, display
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil daripada penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar
peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab setelah diterapkannya media
pembelajaran spinning wheel, yakni pada jumlah rata-rata nilai di siklus II yaitu terdapat
10 peserta didik yang tuntas dan 2 peserta didik yang belum tuntas rata-rata nilai 83,33.
Collections
- Islamic Education [864]