dc.contributor.author | Alfiah, Audry Fitri | |
dc.date.accessioned | 2024-01-26T03:02:35Z | |
dc.date.available | 2024-01-26T03:02:35Z | |
dc.date.issued | 2023 | |
dc.identifier.uri | dspace.uii.ac.id/123456789/47065 | |
dc.description.abstract | Pertumbuhan investor di Indonesia sejalan dengan pertumbuhan pengguna aplikasi
Ajaib yang meningkat 100 persen dalam waktu 1 tahun, perkembangan jumlah
pengguna investasi online tersebut tidak terlepas dari pengaruh kemajuan teknologi,
serta adanya sosial media yang menyebabkan munculnya influencer. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer, persepsi kemudahan, persepsi
kegunaan dan sikap menggunakan terhadap minat menggunakan aplikasi Ajaib
dalam berinvestasi syariah dengan perluasan teori Technology Acceptance Model
(TAM). Metode yang digunakan yaitu kuantitatif menggunakan teknik purposive
sampling dalam penentuan sampel dan menggunakan analisis jalur sebagai teknik
pengolahan data melalui software Jamovi versi 2.3.26. Sampel yang diperoleh
adalah 160 responden generasi Z di Provinsi Daerah Yogyakarta. Hasil penelitian
menyatakan bahwa: 1) Variabel influencer berpengaruh signifikan terhadap minat
menggunakan aplikasi Ajaib dalam berinvestasi syariah; 2) Persepsi kemudahan
berpengaruh signifikan terhadap sikap menggunakan aplikasi Ajaib dalam
berinvestasi syariah; 3) Persepsi kegunaan berpengaruh signifikan terhadap sikap
menggunakan aplikasi Ajaib dalam berinvestasi syariah; 4) Sikap menggunakan
berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan aplikasi Ajaib dalam
berinvestasi syariah. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Influencer | en_US |
dc.subject | Technology Acceptance Model (TAM) | en_US |
dc.subject | Minat Menggunakan | en_US |
dc.subject | Aplikasi Ajaib | en_US |
dc.title | Pengaruh Influencer Terhadap Minat Investasi Syariah Pada Aplikasi Ajaib: Perluasan TAM | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.Identifier.NIM | 19423109 | |