Penerapan Sustainability dan Inovasi pada Produk Sabun Organik Bidang Pemasaran
Abstract
Sabun merupakan suatu kebutuhan penting manusia dalam kehidupan sehari-hari
untuk menjaga kesehatan. Melihat perkembangan tren yang saat ini terjadi di
kalangan masyarakat yakni tren organic dan tren back to nature menjadi suatu
peluang bisnis yang menjanjikan. Dalam hal ini, penulis memiliki ide untuk
melakukan suatu perintisan bisnis yang berjudul Penerapan Sustainability dan
Inovasi pada produk Sabun Organik Bidang Pemasaran. Perintisan bisnis ini
dilaksanakan pada akhir mei 2023 sampai dengan awal agustus 2023. Penjualan
bisnis ini dilakukan melalui Instagram, Tiktok, marketplace (Shopee), dan
pengantaran secara langsung. Laporan ini memuat aspek pemasaran dari bisnis
Sabun Organik Bentala, yakni melakukan survei pasar, penggarapan logo dan
desain kemasan, mengenalkan brand bisnis melalui Media Sosial dan Word of
Mouth(WOM), pembuatan konten pemasaran, dan bersinkronisasi dengan bidang
produksi dan bidang keuangan. Dalam melaksanakan tugas akhir perintisan bisnis,
penulis dihadapkan dengan berbagai permasalahan yang ada seperti data survei
pemasaran yang tidak menyeluruh, keterbatasan waktu dalam mendesain kemasan,
kurangnya interaksi dengan audiens, dan kurang konsisten penulis terhadap
pembuatan konten pemasaran. Penulis juga memberikan solusi pada permasalahan
yang timbul yakni dengan melakukan penyebaran survei kembali agar data
diperoleh secara maksimal, membangun interaksi yang baik dengan calon
konsumen di sosial media, dan harus konsisten dalam membuat konten guna
membangun kesadaran merek bisnis kepada konsumen dan calon konsumen.
Collections
- Islamic Economics [827]