:Mekanisme Pemasaran Bisnis Wedang Rempah Ningrat; Inovasi Minuman Sehat Kekinian Berbasis Rempah Dengan Kemasan Celup dan Botol Reusable
Abstract
Saat ini telah maraknya makanan cepat saji dengan rasa yang lezat namun memiliki
dampak buruk bagi tubuh, oleh karena itu mengkonsumi rempah-rempah memiliki
berbagai macam manfaat bagi tubuh. Minuman berbahan dasar rempah berbeda
dengan jamu, karena bersifat sebagai minuman sehari-hari dan tidak memiliki efek
samping. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, penulis dan tim
memilih untuk merintis bisnis yang berjudul; WEDANG REMPAH NINGRAT:
INOVASI MINUMAN SEHAT KEKINIAN BERBASIS REMPAH DENGAN
KEMASAN CELUP DAN BOTOL REUSABLE, perintisan bisnis dimulai pada
bulan Mei 2023, diawali dengan proses pengembangan produk hingga
kepengurusan legalitas. Pada usaha ini penulis dan tim menonjolkan inovasi dengan
menjadikan rempah-rempah dalam bentuk kemasan celup yang mudah diseduh dan
botol kaca yang ramah lingkungan, sehingga minuman ini menjadi mudah dan
praktis untuk dikonsumsi. Wedang Rempah Ningrat sendiri hanya beranggotakan 2
orang, di mana setiap orang memegang 2 divisi sekaligus, divisi keuangan
dikerjakan secara bersamaan. Penulis memiliki fokus pada bagian pemasaran yang
meliputi beberapa kegiatan yaitu melakukan survei pasar, desain logo dan kemasan,
pengenalan merek dan produk, pembuatan konten pemasaran, dan berkoordinasi
bersama bidang produksi perihal keuangan. Bisnis Wedang Rempah Ningrat layak
dijalankan. Program kerja bidang pemasaran dan keuangan terlaksana dengan baik,
namun strategi pemasaran dan laporan keuangan masih perlu ditingkatkan.
Collections
- Islamic Economics [827]