Identifikasi Peran Guru dalam Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTsN 6 Sleman
Abstract
Pendidikan dapat berjalan dengan baik apabila terdapat komponen
didalamnya seperti guru dan peserta didik. Namun seringkali guru
dalam mengajar tidak menjadi peran yang dapat diikuti oleh peserta
didiknya, salah satunya motivasi belajar. Motivasi belajar sangat
penting dilakukan oleh guru guna membentuk pribadi yang
bertanggung jawab, insan kamil, dan cerdas. Penelitian ini bertujuan
untuk 1. Mengetahui peran guru dalam motivasi belajar terhadap
peserta didik kelas VII. 2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VII.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Informan penelitian ini terdiri dari kepala
madrasah, guru fiqih kelas VII dan peserta didik kelas VII di MTsN 6
Sleman. Objek penelitian ini berupa peran guru dalam motivasi belajar
mata Pelajaran fiqih kelas VII dengan teknik yang digunakan yaitu
teknik purposive sampling dan Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam motivasi
belajar peserta didik pada mata Pelajaran fiqih kelas VII di MTsN 6
Sleman telah mengalami perubahan dan peningkatkan secara signifikan
walaupun terdapat peserta didik yang masih sulit untuk menghafal.
Namun usaha-usaha yang dilakukan kepala madrasah dan guru telah
maksimal dalam memberikan motivasi belajar peserta didik. Peran guru
dalam motivasi belajar sangat penting guna mencapai tujuan yang
diinginkan.
Collections
- Islamic Education [863]