Efektivtas Penerapan Media Powerpoint dan Video dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X MAN 5 Sleman
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh media pembelajaran di MAN 5
Sleman yang hanya menggunakan media papan tulis, Lks, dan buku. Sehingga
membuat siswa merasa bosan dan kurang memahami isi materi yang disampaikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran dengan
menggunakan media powerpoint dan video oleh guru akidah akhlak kelas DI man
5 Sleman sudah efektif, serta untuk menjabarkan apa saja faktor pendukung dan
penghambat bagi guru akidah akhlak kelas X dalam menerapkan media
powerpoint dan video di MAN 5 Sleman.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, pemilihan informan
dalam penelitian ini menggunakan purpose sampling, sedangkan pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis wawancara
yang digunakan pada penelitian ini yaitu secara terstruktur, dan keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber, serta untuk penyajian data dalam penelitian ini
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan implementasi media powerpoint dan video
untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pada kelas X MAN 5 Sleman
berdampak positif dan efektif diterapkan didalam kegiatan pembelajaran, siswa
menjadi lebih tertarik dan antusias ruang kelaspun menjadi kondusif dibandingkan
sebelumnya, serta pemahaman siswa mengenai materi yang disampaikan oleh
guru meningkat. Adapun yang menjadi faktor pendukung dan penghambat bagi
guru akidah akhlak kelas dalam mengimplementasikan media powerpoint dan
video yaitu: tersedianya alat yang menunjang dalam penerapan media, sinyal yang
baik, guru paham dan mampu dalam menggunakan teknologi, sedangkan faktor
penghambat bagi guru dalam mengimplmentasikan media yaitu: proyektor yang
bermasalah, sinyal yang buruk, kurangnya audio, pemahaman dan waktu guru
yang minim dan kurang mampu dalam menggunakan teknologi.
Collections
- Islamic Education [863]