Show simple item record

dc.contributor.authorMeldi, Muhammad Rafif
dc.date.accessioned2024-01-25T03:29:56Z
dc.date.available2024-01-25T03:29:56Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47006
dc.description.abstractPenelitian yang peneliti lakukan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode active learning terhadap minat belajar siswa. Peneliti tertarik melakukan penelitian ini berawal Ketika peneliti sedang melaksanakan PPL di sekolah MAN 5 Sleman. Pada saat itu, peneliti melihat semangat belajar peserta didik dalam melakukan pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dikarenakan penggunaan metode yang digunakan oleh guru. Adapun metode yang digunakan oleh guru Bahasa arab yaitu metode active learning. Ketika waktu peneliti melihat metode yang digunakan oleh guru bahasa Arab serta melihat semangat belajar peserta didik sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di sekolah MAN 5 Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode yang digunakan oleh guru bahasa Arab. Penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket atau kuesioner. Untuk menguji kuesioner yang akan diberikan kepada subjek utama penelitian , peneliti menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Subjek untuk melakukan uji validitas dan reliabilitas yaitu MTS Terpadu Lukmanul Hakim yang berjumlah 32 orang. Adapun Subjek utama pada penelitian ini yaitu kelas X IPS MAN 5 Sleman yang berjumlah 83 orang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan uji analisis regresi linier sederhana sebagai uji statistik data keseluruhan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan yaitu melalui uji data dan olah data maka dapat dikatakan bahwasanya terdapat pengaruh metode active learning terhadap minat belajar siswa. Hal itu dapat ditunjukkan melalui hasil olah data yang sudah peneliti lakukan, yang mana terdapat nilai signifikansi > 0,05 yang berarti dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara metode active learning dan minat belajar. Adapun nilai yang didapat pada hasil uji data yaitu sebesar 0,391. Yang artinya terdapat pengaruh metode active learning sebesar 39,1%. Sisanya yaitu sekitar 60,9% merupakan terdapat faktor lain yang mempengaruhinya yang belum diteliti oleh peneliti.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMinat Belajar Siswaen_US
dc.subjectMetode Active Learningen_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.titlePengaruh Penerapan Metode Active Learning terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X IPS MAN 5 Slemanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422139


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record