REDESAIN INTERIOR RUANG TUNGGU DAN LOBBY DALAM MENINGKATKAN SERVICESCAPE PADA KALISTA KLINIK KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Klinik kecantikan merupakan tempat yang menawarkan jasa pelayanan
perawatan dan kesehatan kulit dengan dokter spesialis. Semakin banyak klinik
kecantikan bersaing ketat untuk menarik perhatian dan memberikan kepuasan terhadap
konsumen. Strategi pemasaran klinik kecantikan untuk mendapatkan dan
mempertahankan konsumen tidak hanya dengan memberikan pelayanan yang terbaik,
tetapi juga meningkatkan layanan lingkungan fisik (servicescape) untuk menghadapi
persaingan bisnis klinik kecantikan. Kalista Klinik merupakan salah satu klinik
kecantikan di Kota Yogyakarta. Ruang tunggu dan lobby Kalista Klinik memiliki kesan
yang sempit dan monoton sehingga diperlukan perancangan ulang pada interiornya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui desain interior ruang tunggu dan lobby
dalam meningkatkan servicescape Kalista Klinik yang terintegrasi dengan sistem
bangunan, pembiayaan, dan pengoperasian agar menciptakan kenyamanan pengguna.
Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif untuk memberikan informasi
karakteristik ruang tunggu dan lobby Kalista Klinik. Keunggulan dari hasil redesain
Kalista Klinik adalah konsep desain modern natural yang dapat memberikan
kenyamanan dan pengalaman menyenangkan untuk pengunjung.