PERAN DESAIN ARSITEKTUR DALAM RUANG LOBBY DAN RUANG TUNGGU KLINIK KORPAGAMA UGM TERHADAP KEBERLANJUTAN PROSES BISNIS
Abstract
Islam merupakan agama yang diridhoi Allah SWT dan agama paling
sempurna yang mengatur segala perkara, baik urusan duniawi maupun akhirat. Salah
satu kesempurnaan syariat Islam adalah mewajibkan manusia untuk bekerja dan
berbisnis dengan cara yang benar. Salah satu bisnis yang dianjurkan dan dinilai
menjanjikan yakni bisnis klinik kesehatan. Layanan kesehatan merupakan pelayanan
publik yang dibutuhkan masyarakat karena fungsinya sebagai tempat pelayanan
kesehatan. Namun saat ini, fasilitas kesehatan di Indonesia belum terdistribusi secara
merata dengan standar yang dapat diterima dan dapat diterima, misalnya kondisi
ruangan yang jauh di bawah normal dalam aspek tertentu. Dalam merancang ulang atau
re-desain Klinik Korpagama UGM, penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif deskriptif berdasarkan fakta bahwa cara tersebut tepat untuk menemukan
sesuatu, memahami fenomena melalui proses bisnis dan pendapat orang yang terlibat di
dalamnya. Hasil menunjukan mengganti material lantai yang semula berukuran 30x30
tile dengan lantai vinyl bermanfaat untuk mencegah perpindahan panas dari sinar
matahari. Kemudian dari pengaplikasian elemen dinding yaitu cat biru muda yang dapat
memberikan efek warna psikologis dengan pantulan cahaya yang tinggi, secara efektif
berkontribusi pada distribusi cahaya natural pada interior, serta wallpaper custom yang
memberikan kenyamanan visual karena prinsip estetika bangunan. Sehingga desain yang
baru dapat berpengaruh positif bagi kenyamanan dan kepuasan pengguna sehingga
dapat berdampak baik bagi keberlanjutan bisnis pengelolaan klinik Korpagama UGM.