Internalisasi Penanaman Nilai Karakter dalam membentuk Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTsN 3 Kab. Sijunjung Sumatera Barat
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam
pembelajaran pendidikan agama islam di MTsN 3 Sijunjung karena ada beberapa
siswa yang memiliki kecenderungan bosan dalam belajar, siswa yang sulit untuk
memahami materi, siswa yang sering main handphone dan siswa yang merasa
bosan dengan guru yang mengajarakan materi menggunakan metode
ceramah.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi penanaman
nilai karakter dalam membentuk motivasi belajar siswa, menganalisis hasil
implementasi penanaman nilai karakter dalam membentuk motivasi belajar, dan
memahami faktor pendukung dan penghambat implementasi penanaman nilai
karakter dalam membentuk motivasi belajar siswa
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus kualitatif. Teknik penentuan
informan yaitu teknik purposive sampling. informan yang digunakan yaitu: kepala
madrasah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan
triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan reduksi, display dan
kesimpulan dengan model Interaksif Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini adalah implementasi penanaman nilai karakter dalam
membentuk motivasi belajar siswa di MTsN 3 Sijunjung ada 3 tahap yaitu Perencanaan,
Pelaksanaan dan evaluasi, hasil dari implementasi penanaman nilai karakter dalam
membentuk motivasi belajar siswa banyak nilai yang digunakan salah satu disiplin
dampak dari nilai displin tersebut adalah siswa semakin rajin dalam belajar di kelas.
Faktor pendukung dari implementasi ini adalah keluarga dan lingkungan yang sangat dan
penghambat dari implementasi ini adalah faktor teknologi (Handphone)
Collections
- Islamic Education [864]