Analisis Strategi Pemasaran Islami pada Rabbani Cilegon melalui Pendekatan Ansoff Matrix Solution
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran islami pada Rabbani
Cilegon melalui pendekatan ansof matrix solution. Penelitian ini dilatar belakangi
oleh adanya bisnis fashion yang berkembang salah satunya yaitu Rabbani. Industri
fashion merupakan salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia.
Sehingga persaingan di dalam industri tersebut diperkirakan akan semakin ketat.
Dalam suatu usaha atau bisnis, strategi pemasaran sangat diperlukan untuk
mengatur arah jalannya bisnis atau perusahan. Hal ini memaksa setiap bisnis untuk
menggunakan strategi pemasaran yang tepat untuk memenangkan persaingan.
Bauran pemasaran adalah alat pemasaran yang terdiri dari beberapa elemen
rencana pemasaran yang harus diperhatikan agar berhasil menerapkan strategi dan
pemosisian pemasaran yang diusulkan. Lokasi penelitian adalah Rabbani Cilegon
Jl. Ahmad Yani No.036, Sukmajaya, Kec. Jombang, Kota Cilegon, Banten. Data
berbentuk data primer menggunakan metode wawancara dengan manajemen
Rabbani dan data sekunder seperti publikasi, laporan pemerintah, database, atau
sumber online lainnya. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara dan
observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran Rabbani
Cilegon masih ada kekurangan dalam melakukan pemasarannya. Berdasarkan
pengamatan peneliti menemukan kekurangan dalam bidang pemasarannya.
Collections
- Islamic Economics [826]