Analisis Strategi Marketing Online Travel Agent pada Konten Media Sosial Twitter menggunakan Sentiment Analysis dan Social Network Analysis (Studi Kasus: Traveloka, Tiket, dan Booking.com)
Abstract
Pertumbuhan dan perkembangan internet menjadikan Indonesia sebagai peluang
dalam perkembangan perusahaan dibidang jasa berbasis internet atau disebut
dengan online travel agent (OTA). Terdapat tiga OTA yang banyak digunakan,
yaitu Traveloka, Tiket, dan Bookingcom. Selama perkembangan OTA ini
menyebabkan lebih dari 100 travel agen konvensional tutup pada tahun 2020 karena
adanya wabah COVID-19. Pemilik agen perjalanan memutuskan utnuk berpindah
menjadi online travel agent dikarenakan bisnis perjalanan konvensional mengalami
penurunan penjualan. Munculnya OTA juga membuat antar OTA saling bersaing
ketat. Keadaan ini memaksa para pengusaha untuk mencari cara baru dalam strategi
bisnis mereka. Pada penelitian ini menggunakan metode sentiment analysis dalam
mendapatkan gambaran umum konsumen terhadap OTA dan metode social
network analysis untuk mendapatkan aktor yang paling berperan dalam jaringan.
Melalui dua metode ini, didapatkan strategi marketing agar terciptanya kompetisi
bisnis yang setara, serta mampu mendorong strategi perdagangan yang dapat
diterapkan untuk memenangi persaingan seiring dengan meningkatnya peran
digital. Melalui pengolahan data yang telah dilakukan, didapatkan bahwa gambaran
umum konsumen terhadap OTA adalah sentimen positif. Selanjutnya, didapatkan
pemeran kunci pada Traveloka adalah @traveloka, @kimmeowgyu,
@nabilaaapr13, @jerryalamsyah23, dan @Tomsky1892, untuk Tiket adalah
@tiket, @muhajirabar, @nabilaaapr13, @fijaei, dan @septiiyaann, kemudian
untuk bookingcom adalah @bookingcom, @irishacw, @devbarad2009,
@JP19719171, dan @pilibarb. Setelah itu, terdapat analisis strategi marketing yang
menggunakan marketing mix (4P) dan diagram SWOT. Sehingga, didapatkan
strategi yang relevan berdasarkan nilai tertinggi pada diagram SWOT adalah
dengan melengkapi produk yang ditawarkan, membuat promo khusus bagi
konsumen, promosi dilakukan di seluruh media sosial menggunakan Bahasa
Indonesia dan juga menciptakan peluang dengan produk yang tersedia di seluruh
Indonesia dan dapat digunakan oleh semua orang khususnya traveler.
Collections
- Industrial Engineering [2227]