Perumusan Strategi Pengembangan Usaha Industri Tahu dalam Upaya mengoptimalkan Potensi Bisnis menggunakan Metode Analisis Swot dan AHP dengan Pendekatan BMC (Studi Kasus: Pabrik Tahu Pak Maryanto Klaten)
Abstract
UMKM Pabrik Tahu Pak Maryanto Klaten merupakan salah satu bisnis yang bergerak dalam
bidang industri pengolahan dengan memproduksi tahu putih mentah berbahan dasar kedelai.
Adanya beberapa batasan atau kendala yang dihadapi seperti manajemen strategi bisnis yang
kurang optimal dan cenderung monoton dapat mengakibatkan jumlah volume produksi serta
penjualan yang sampai sekarang masih belum mencapai tahap peningkatan secara signifikan.
Maka dari itu, batasan atau kendala tersebut telah menjadi pemicu potensi bisnis sulit untuk
mengalami perkembangan dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan
pengoptimalan dan pengembangan potensi bisnis dengan memberikan model bisnis UMKM
Pabrik Tahu Pak Maryanto Klaten. Metode yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah
metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif menggunakan teknik pengumpulan data yaitu berupa observasi, wawancara, serta
kuisioner terhadap pihak internal UMKM Pabrik Tahu Pak Maryanto Klaten. Teknik analisis
daya yang diterapkan yaitu dengan menggunakan matriks Internal Factor Evaluation (IFE),
matriks External Factor Evaluation (EFE), matriks Internal External (IE), matriks SWOT,
Analytical Hierarchy Process (AHP), sekaligus pendekatan Business Model Canvas (BMC).
Hasil dari penelitian ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi bisnis UMKM Pabrik
Tahu Pak Maryanto Klaten yaitu antara lain seperti pengusaha cukup berpengalaman sebagai
kekuatan utama, strategi promosi kurang optimal sebagai kelemahan utama, jumlah peminat
cukup tinggi sebagai peluang utama, serta strategi promosi produk pesaing sebagai ancaman
utama. Posisi bisnis dari UMKM Pabrik Tahu Pak Maryanto Klaten berada pada kuadran V
yang menunjukan strategi untuk bertahan dan pelihara. Prioritas alternatif strategi yang dapat
diterapkan oleh UMKM Pabrik Tahu Pak Maryanto Klaten adalah mengembangkan strategi
dalam hal memperluas pangsa pasar. Pengembangan model bisnis menggunakan pendekatan
Business Model Canvas (BMC) dengan memberikan rancangan usulan strategi telah terdapat
pada delapan elemen dasar kecuali elemen Customer Segment yang tidak perlu diperbaiki.
Collections
- Industrial Engineering [2252]