Pembentukan Karakter Religius dan Disiplin Peserta Didik melalui Program Unggulan Tahfizh di Sma UII Yogyakarta
Abstract
Pendidikan bukan hanya untuk mengembangkan kemampuan
kognitif akan tetapi juga menumbuhkembangkan perilaku dan karakter
peserta didik. Permasalahan yang terjadi di SMA UII ialah masih banyak
peserta didik yang menunjukkan karakter atau sikap kurang baik.
Mensikapi hal itu, SMA UII mengembangkan beberapa program
unggulan, diantaranya program tahfizh. Dengan adanya tahfizh
diharapkan peserta didik dapat membiasakan diri memiliki karakter
kepribadian baik dalam kehidupannya. Di sisi lain juga program tahfidz
mengajarkan peserta didik untuk ikut menjaga dan melestarikan Al-
Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan
program unggulan tahfizh di SMA UII dalam membentuk nilai karakter
religius dan disiplin peserta didik serta faktor yang menunjang dan
menghambatnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitati. Jenis penelitian
yang digunakan yaitu field research dimana dalam mengumpulkan data
peneliti terjun langsung ke tempat penelitian untuk mengamati dan terlibat
langsung dalam obyek penelitian. Selanjutnya teknik pengmpulan data
meliputi tahapan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data dari reduksi data yang berarti merangkum, pemilihan,
pemfokusan dilanjutkan dengan penyajian data, analisis data serta di
akhir penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter
religius dan disiplin peserta didik melalui beberapa cara yaitu program
tahfizh, kegiatan keagamaan, pembiasaan karakter baik dan disiplin serta
adanya strategi yang dinilai efektif oleh para guru diantaranya
pemantauan peserta didik, evaluasi serta reward & punishment dalam
pembelajaran maupun kegiatan di sekolah. Beberapa faktor penghambat
diantaranya kurangnya komitmen dengan sekolah, kurangnya kesadaran
siswa dan sifat malas. Adapun faktor penunjangnya yaitu strategi, fasilitas
sekolah serta konsistensi dan kolaborasi sekolah.
Collections
- Islamic Education [864]