dc.description.abstract | Iklan online merupakan cara pemasaran yang cukup banyak dipakai saat ini,
khususnya dalam pemasaran produk game secara online . pemasaran melalui
iklan online ini dinilai efektif dalam menjangkau calon pembeli karena sifatnya
yang fleksibel dan meluas, namun seringkali dalam mengiklankan game secara
online umtuk menjangkau calon pembeli yang luas, iklan yang ditampilkan justru
berbeda baik fungsi serta tujuannya dengan produk game sesungguhnya. Game
tree and fish merupakan permainan yang diproduksi oleh Qhei Mobile yang
pemasarannya menggunakan iklan online dengan memasarkan produk berupa
game yang hanya dengan mendownloadnya bisa mendapatkan hadiah jutaan
rupiah. Iklan yang ditayangkan melalui google Ads ini diduga melanggar
ketentuan ketentuan mengenai kewajiban serta larangan bagi pelaku usaha
berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan
Konsumen
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan konsumen serta
pertanggugnjawaban pelaku usaha terhadap iklan game tree and fish yang tidak
sesuai kriteria pelaku usaha. Penelitian ini termasuk dalam penelitian empiris
dengan menggunakan fakta-fakta yang ada melalui pengamatan langsung,
dianalisis menggunakan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan
Perlindungan Konsumen. Sebagai kesimpulan, Perlindungan Konsumen masih
dirasa lemah disebabkan kurangnya penegakan hukum untuk melindungi hak
konsumen sebagaimana diatur dalam UUPK serta pelaku usaha tidak memenuhi
tanggungjawabnya secara hukum untuk mengganti kerugian yang diderita oleh
konsumen. Saran yang dapat diberikan adalah untuk memperkuat penegakan
hukum perlindungan konsumen oleh pemerintah serta pemenuhan ganti rugi oleh
pelaku usaha atas kerugian yang diderita oleh konsumen. | en_US |