Show simple item record

dc.contributor.authorBimahendra, Aulia
dc.date.accessioned2024-01-17T03:36:17Z
dc.date.available2024-01-17T03:36:17Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46665
dc.description.abstractIklan online merupakan cara pemasaran yang cukup banyak dipakai saat ini, khususnya dalam pemasaran produk game secara online . pemasaran melalui iklan online ini dinilai efektif dalam menjangkau calon pembeli karena sifatnya yang fleksibel dan meluas, namun seringkali dalam mengiklankan game secara online umtuk menjangkau calon pembeli yang luas, iklan yang ditampilkan justru berbeda baik fungsi serta tujuannya dengan produk game sesungguhnya. Game tree and fish merupakan permainan yang diproduksi oleh Qhei Mobile yang pemasarannya menggunakan iklan online dengan memasarkan produk berupa game yang hanya dengan mendownloadnya bisa mendapatkan hadiah jutaan rupiah. Iklan yang ditayangkan melalui google Ads ini diduga melanggar ketentuan ketentuan mengenai kewajiban serta larangan bagi pelaku usaha berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perlindungan konsumen serta pertanggugnjawaban pelaku usaha terhadap iklan game tree and fish yang tidak sesuai kriteria pelaku usaha. Penelitian ini termasuk dalam penelitian empiris dengan menggunakan fakta-fakta yang ada melalui pengamatan langsung, dianalisis menggunakan peraturan perundang-undangan yang terkait dengan Perlindungan Konsumen. Sebagai kesimpulan, Perlindungan Konsumen masih dirasa lemah disebabkan kurangnya penegakan hukum untuk melindungi hak konsumen sebagaimana diatur dalam UUPK serta pelaku usaha tidak memenuhi tanggungjawabnya secara hukum untuk mengganti kerugian yang diderita oleh konsumen. Saran yang dapat diberikan adalah untuk memperkuat penegakan hukum perlindungan konsumen oleh pemerintah serta pemenuhan ganti rugi oleh pelaku usaha atas kerugian yang diderita oleh konsumen.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPerlindungan Konsumenen_US
dc.subjectGameen_US
dc.subjectPelaku Usahaen_US
dc.titlePerlindungan Konsumen terhadap Iklan Game Online yang Tidak Sesuai dengan Kriteria oleh Pelaku Usaha ( Studi Kasus terhadap Iklan Game Online Tree and Fish)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM16410162


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record