Analisis Pengaruh Labelisasi, Legalisasi, Sertifikasi Halal, Pendapatan Konsumen dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim di Rante Pao Toraja Utara Sulawesi Selatan
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan
Random Sampling, penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait
pengaruh labelisasi, legalisasi, sertifikasi halal, pendapatan konsumen dan persepsi
harga terhadap keputusan pembelian konsumen muslim di Rante Pao, Toraja Utara,
Sulawesi Selatan. Dalam penelitian ini, populasi penelitian ini adalah jumlah
wisatawan yang mengunjungi kawasan Rante Pao Kabupaten Tana Toraja Utara
yang juga bertindak sebagai konsumen dari produk makanan dan minuman halal.
Adapun wisatawan secara keseluruhan adalah 29.450 jiwa Sampel yang diambil
sebanyak 50 responden dengan menggunakan kusioner.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh variabel independen secara parsial
terhadap variabel dependen yaitu, labelisasi (X1) 0,2884, legalisasi (X2) 0,5732,
sertifikasi halal (X3) 0,0016, pendapatan konsumen (X4) 0,0071, persepsi harga
(X5) 0,1220. hal ini membuktikan bahwa variabel labelisasi tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembeli (Y), karena nilai probabilitas t yaitu 0.2884
lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 (5%). Variabel legalisasi tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembeli (Y) karena nilai probabilitas t yaitu 0,5732
lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 (5%). Variabel persepsi harga tidak
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembeli (Y) karena nilai probabilitas t
yaitu 0,0462 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 (5%). Variabel sertifikasi halal
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembeli (Y) karena nilai probabilitas t
yaitu 0,0016 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 (5%). variabel pendapatan
konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembeli (Y) karena nilai
probabilitas t yaitu 0,0071 lebih besar dari taraf signifikansi 0,05 (5%).