Pengaruh Sholat Dhuha dan Kedisiplinan Terhadap Nilai Karakter Siswa di MTS Yapi Pakem
Abstract
MTs YAPI Pakem sudah sejak lama memberlakukan kewajiban sholat dhuha
dan penerapan pendidikan karakter bagi siswanya, salah atunya kedisiplinan.
Pendidik berharap dalam pembiasaan sholat dhuha dan penerapan kedisiplinan ini
dapat memberikan dampak yang nyata dalam mengembangan nilai karakter dalam
pribadi masing-masing siswa
Penelitian ini menggunakan pendeketan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VII dan VIII MTs YAPI Pakem. Objek pada penelitian ini berupa
sholat dhuha, kedisiplinan yang dilakukan siswa terhadap nilai karakter. Sedangkan
subjek pada penelitian ini adalah siswa dan siswi MTs YAPI Pakem. Teknik dalam
menentukan subjek penelitian ini menggunakan Proportionate Stratified Random
Sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh positif
yang signifikan antara sholat dhuha terhadap nilai karakter siswa berdasarkan hasil uji
regresi H1 ditolak, karena nilai sinifikansi sebesar 0,75 > 0,05 dan nilai thitung 1.815
> ttabel 1.672 (2) terdapat pengaruh positif antara kedisiplinan terhadap nilai karakter
siswa berdasarkan hasil uji regresi H2 diterima, karena nilai signifikansi sebesar 0,01
< 0,05 dan nilai thitung 3.542 > ttabel 1.672 (3) Terdapat pengaruh positif yang
signifikan antara sholat dhuha dan kedisiplinan terhadap nilai karakter siswa
berdasarkan hasil uji regresi H3 diterima, karena nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05
dan nilai Fhitung (9,112) > nilai Ftabel (3,16). (4) Nilai R Square memiliki nilai
sebesar 0,242 atau 24,2%. Sehingga menunjukan bahwa 24,2% kedisiplinan siswa di
MTs YAPI Pakem dipengaruhi oleh sholat dhuha dan kedisiplinan sedangkan 75,8%
dipengaruhi oleh faktor-faktor diluar penelitian ini.
Collections
- Islamic Education [864]