Peran Sikap Kreatif dan Dukungan Sosial terhadap Kelelahan Guru selama Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sikap kreatif dan dukungan
sosial terhadap kelelahan guru selama pandemi Covid-19. Metode penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru yang
sedang melakukan pengajaran online dari setiap jenjang pendidikan. Metode
pengumpulan data dilakukan dengan penggunaan skala, yakni skala MBI-ES,
skala Teacher Creativity dan skala MSPSS. Teknik analisa data dalam penelitian
ini melalui beberapa tahapan, yaitu Confirmatory Factor Analysis (CFA), uji
hipotesis dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa diperolehnya nilai p <.001, nilai F sebesar 338.9, maka
dapat disimpulkan bahwa sikap kreatif dan dukungan sosial mampu
memprediksi kelelahan guru selama pandemi covid-19.
Collections
- Master of Psychology [349]