Penerapan Pembinaan dan Pembimbingan Anak dalam Pelaksanaan Pidana Pelatihan Kerja Bagi Anak yang Berkonflik dengan Hukum di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini mengkaji mengenai penerapan pembinaan dan pembimbingan anak
dalam pelaksanaan pidana pelatihan kerja bagi anak yang berkonflik dengan hukum
di (LPKA) Klas II Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
penerapan pembinaan dan pembimbingan anak dalam pelaksanaan pidana pelatihan
kerja yang dilakukan Lembaga Pembinaan dan juga untuk mengetahui hambatan
apa yang terjadi dalam Lembaga Pembinaan Anak. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian yuridis empiris. Pendekatan penelitian ini digunakan pendekatan
perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Sumber data yang dilakukan
melalui data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode
wawancara dengan 23 orang anak ABH yang dilakukan di Lembaga pembinan,
ditemukan bahwa sistem peradilan pidana anak secara khusus terkait pembinaan
dan pembimbingan anak dalam Lembaga pembinaan ditemukan bahwa
pelaksanaan pidana pelatihan kerja belum maksimal dikarenakan belum adanya
peraturan pelaksanaan terkait pidana pelatihan kerja. Sehingga LPKA masih
terbatas untuk melakukan pelatihan kerja sama untuk anak berkonflik hukum
(ABH) dan faktor internal dan eksternal menjadi hambatan yang terjadi di dalam
LPKA Klas II Yogyakarta.
Collections
- Law [2357]