Upaya Sekolah dalam meningkatkan Nilai-Nilai Religiusitas Siswa Kelas XI SMK Al-Muhtadin Bekasi
Abstract
Pada perkembangan zaman saat ini, perilaku masyarakat terutama pelajar
mulai mengkhawatirkan. Pemberian Pendidikan karakter sangat penting untuk
mengatasi krisis moral yang terjadi pada remaja. Tujuan penelitian ini adalah
untuk menjelaskan upaya dalam meningkatkan nilai religiusitas pada siswa SMK
Al-Muhtadin Bekasi, serta menjelaskan apa saja yang menjadi faktor pendukung
dan faktor penghambat dalam upaya meningkatkan nilai religiusitas siswa di SMK
Al-Muhtadin Bekasi.
Penelitian ini menggunakan teknik pendekatan kualitatif. Subjek dari
penelitian ini adalah kepala sekolah, guru serta 6 siswa kelas XI SMK Al-Muhtadin
Bekasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik
analisis data menggunakan analisis matriks dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa SMK Al-Muhtadin Bekasi berupaya
meningkatkan nilai religiusitas para peserta didiknya melalui kegiatan keagamaan
melalui pembiasaan pada peserta didik. Selain itu penanaman karakter religius
juga diterapkan dalam proses pembelajaran, pemberian keteladanan dari
masyarakat sekolah, pemberian fasilitas, serta pemberlakuan aturan untuk
mendisiplinkan para peserta didik. Faktor pendukung keberhasilan upaya sekolah
dalam meningkatkan nilai religiusitas yaitu tersedianya fasilitas sebagai
penunjang dalam kegiatan keagamaan dan adanya dukungan dari para warga
sekolah. Faktor penghambatnya adalah belum tersedianya gedung aula untuk
berkegiatan pada saat cuaca yang kurang mendukung, dan juga masih ada guru
yang kurang peduli akan kegiatan keagamaan karena merasa bukan kewajiban
mereka untuk berpartisipasi.
Collections
- Islamic Education [864]