Show simple item record

dc.contributor.authorDeanasari, Firda S.Psi
dc.date.accessioned2024-01-15T03:54:49Z
dc.date.available2024-01-15T03:54:49Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46538
dc.description.abstractKeterlibatan siswa dengan sekolah memiliki peran dalam kehidupan siswa di sekolah. Dengan demikian telah banyak dilakukan penelitian yang berhubungan baik penyusunan alat ukur, adaptasi, maupun modifikasi alat ukur student engagement. Meskipun begitu, sejauh ini alat ukur psikologis keterlibatan siswa umumnya disusun bagi siswa yang bersekolah di sekolah regular. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menyusun alat ukur psikologis keterlibatan siswa bagi santri. Alat ukur ini disusun berdasarkan teori Fredericks, Blumenfield, & Paris, (2004) kemudian dipadukan dengan teori adab dalam mencari ilmu oleh Az- Zarnuji, (2009). Sejumlah 402 santri yang menempuh pendidikan sederajat SMA terlibat dalam penelitian ini. Model alat ukur yang disusun berbentuk alat ukur likert. Untuk menguji alat ukur ini, digunakan uji coba secara kualitatif berupa penilaian ahli. Selanjutnya peneliti melakukan uji Exploratory Factor Analysis (EFA). Hasil analisis didapatkan alat ukur terbentuk menjadi 5 dimensi, jumlah item terbentuk 20 butir dan memiliki koefisien alpha = 0.895.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAdab Menuntut Ilmuen_US
dc.subjectKeterlibatan Siswaen_US
dc.subjectPengembangan Alat Ukuren_US
dc.titlePengembangan Alat Ukur Keterlibatan Santrien_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19915030


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record