Pengembangan Alat Ukur Keterlibatan Santri
Abstract
Keterlibatan siswa dengan sekolah memiliki peran dalam kehidupan siswa di
sekolah. Dengan demikian telah banyak dilakukan penelitian yang berhubungan
baik penyusunan alat ukur, adaptasi, maupun modifikasi alat ukur student
engagement. Meskipun begitu, sejauh ini alat ukur psikologis keterlibatan siswa
umumnya disusun bagi siswa yang bersekolah di sekolah regular. Oleh karena itu
penelitian ini bertujuan untuk menyusun alat ukur psikologis keterlibatan siswa
bagi santri. Alat ukur ini disusun berdasarkan teori Fredericks, Blumenfield, &
Paris, (2004) kemudian dipadukan dengan teori adab dalam mencari ilmu oleh Az-
Zarnuji, (2009). Sejumlah 402 santri yang menempuh pendidikan sederajat SMA
terlibat dalam penelitian ini. Model alat ukur yang disusun berbentuk alat ukur likert.
Untuk menguji alat ukur ini, digunakan uji coba secara kualitatif berupa penilaian
ahli. Selanjutnya peneliti melakukan uji Exploratory Factor Analysis (EFA). Hasil
analisis didapatkan alat ukur terbentuk menjadi 5 dimensi, jumlah item terbentuk
20 butir dan memiliki koefisien alpha = 0.895.
Collections
- Master of Psychology [374]