Implementasi Metode Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an untuk anak Tuna Rungu dengan menggunakan Bahasa Isyarat di Pondok Pesantren Darul A’shom Yogyakarta
Abstract
Dalam upaya pelestarian Al-Quran melalui pemahaman dan hafalan,
Pondok Pesantren Darul A'shom Yogyakarta memiliki program pembelajaran
tahfidz Al-Qur’an unik yang dikhususkan bagi anak tuna rungu. Program
pembelajaran tersebut seluruhnya menggunakan bahasa isyarat sehingga hal ini
menjadi kelebihan dari Pondok Pesantren Darul A'shom Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan
dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul A'shom Yogyakarta. Informan penelitian
ini terdiri dari Ustadz atau pendidik serta peserta didik di Pondok Pesantren Darul
A'shom. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan
dokumentasi, dengan menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan
keabsahan data. Dalam analisis data, digunakan model interaktif yang melibatkan
tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran tahfidz di
Pondok Pesantren Darul A'shom Yogyakarta adalah program unggulan yang
mengutamakan inklusivitas dan pendekatan inovatif. Metode ini terdiri dari tiga
tahapan penting, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, yang bertujuan untuk
memastikan keberhasilan pembelajaran. Faktor-faktor pendukung meliputi
kurikulum yang disesuaikan, pengajar yang kompeten, lingkungan inklusif,
pembelajaran yang fleksibel dan adaptif, serta dukungan keluarga. Namun,
beberapa tantangan juga ditemui, seperti kurangnya pengajar, perbedaan
kemampuan santri, dan masalah motivasi dalam menghafal Al-Qur'an.
Collections
- Islamic Education [864]