Kajian Strategi Pendidikan dalam Anime Assasination Classroom Karya Yusei Matsui dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam
Abstract
Penelitian ini berjudul “Kajian Strategi Pendidikan dalam anime Assasination
Classroom karya yusei matsui dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam. Latar
belakang dilakukannya penelitian ini adalah banyaknya penikmat film atau animasi
yang hanya melihat anime sebagai tontonan hiburan saja tanpa melihat nilai yang
terkandung Di dalamnya diskripsi mengkaji apa saja strategi dan metode pendidikan
yang terkait dalam animasi dengan realitas yang terjadi dalam dunia pendidikan.
Strategi penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi serta metode apa
saja yang dilakukan oleh SMP Kunugigaoka beserta jajaran pendidik dalam anime
Assasination Classroom dan relevansinya terhadap pendidikan Islam. Jenis peneltian
dalam metode penelitian kualitatif dan studi pustaka serta teknik analisis konten.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat adegan dalam anime Assasination
Classroom yang dilakukan oleh pihak pendidik maupun siswa dalam SMP
Kunugigaoka dalam menjalankan metode pendidikan dan relevansinya terhadap
pendidikan Islam yaitu ability grouping, motivasi belajar, dan metode Reward &
Punishment.
Collections
- Islamic Education [863]