dc.description.abstract | Penelitian yang peneliti lakukan fokus pada peran Orang Tua Dan Ustadz
Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Baca Al-Qur‟an Peserta Didik Di Taman
Pendidikan Al-Qur‟an Darussalam Bulusan Sardonoharjo Ngaglik Sleman.
Adapun latar belakang masalah dari penelitian ini ialah Taman Pendidikan Al-
Qur‟an Darusalam seiring berjalannya waktu, terdapat suatu penurunan baik
dalam faktor pengajaran maupun kurangnya motivasi belajar peserta didik. Pada
awalnya, peserta didik di Taman Pendidikan Al-Qur‟an ini mencapai 30 orang.
Lambat tahun peserta didik berkurang sedikit demi sedikit tanpa ada alasan yang
belum jelas.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar peran orang
tua dan ustadz dalam meningkatkan motivasi belajar baca Al-Qur‟an peserta didik
di taman pendidikan Al-Qur‟an Darussalam. Penelitian ini menggunakan
penelitian lapangan yang bersifat deskroptif dengan mengambil lokasi penelitian
di Taman Pendidikan Al-Qur‟an Darussalam Bulusan Sardonoharjo Ngaglik
Sleman. Dengan informan penelitian yaitu Orang tua, ustadz, dan peserta didik.
metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu wawancara, observasi, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan peneliti menyimpulkan bahwa peran orang
tua dalam meningkatkan motivasi peserta didik bisa dikatakan cukup baik, karena
orang tua selalu memberikan nasehat terhadap peserta didik agar selalu
bersemangat dalam belajar Al-Qur‟an. Dalam hal ini, peran ustadz dalam
meningkatkan motivasi belajar baca Al-Qur‟an peserta didik bisa dikatakan cukup
baik, karena ustadz dalam memberikan motivasi kepada peserta didik dengan
berbagai cara yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. apabila orang
tua dan ustadz tidak memberikan motivasi peserta didik akan kurang bersemangat,
bermalas-malasan, kurang kreatif dalam belajar. Maka dari itu, motivasi sangatlah
berpengaruh dalam kelancaran belajar peserta didik. | en_US |