Peran Pengasuh dalam menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Karakter terhadap Anak Asuh Rumah Yatim Kaliurang Yogyakarta
Abstract
Pendidikan merupakan hak bagi seluruh manusia. Terkhusus kepada anak
muda mudi Indonesia yang merupakan sosok penerus bangsa masa mendatang.
Namun sayangnya masih banyak sekali penerus bangsa yang hidup dalam kondisi
yang memprihatinkan. Ada yang harus berjuang sendirian disebabkan kedua
orangtua meninggal, perekonomian keluarga yang tidak stabil, permasalahan orang
tua, perceraian, dan lain sebagainya. Permasalahan tersebut dapat menghambat
pertumbuhan karakter dan kepribadian mereka, baik secara mental maupun
spiritual. Mengingat akan pentingnya Pendidikan karakter terhadap kepribadian
peserta didik, maka penulis meneliti terkait bagaimana peran pengasuh dalam
menanamkan nilai-nilai Pendidikan karakter terhadap anak asuh Rumah Yatim
Kaliurang Yogyakarta. Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi, wawancara dan juga
dokumentasi.
Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti menggunakan berapa teknik
pengumpulan data, yaitu menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif.
Metode penelitian deskriptif adalah suatu metode yang meneliti status kelompok
manusia, suatu objek, kondisi, sistem pemikiran, atau sekumpulan peristiwa pada
masa kini, yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran yang sistematik,
factual dan akurat mengenai fakta-fakta, karakteristik, sifat-sifat dan berbagai
hubungan antara fenomena yang diteliti
Hasil daripada penelitian yang dilakukan adalah bahwasanya pengasuh
telah berperan baik dengan mengingatkan, mengarahkan, membimbing ke arah
yang lebih baik serta menjadi contoh dan teladan yang baik untuk anak-asuhnya.
Metode dan strategi yang dilakukan pengasuh dalam menanamkan nilai-nilai
Pendidikan karakter terhadap anak asuh di Rumah Yatim Kaliurang Yogyakarta
adalah dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan baik dalam aktivitas sehari-
sehari serta didukung dengan adanya program-program, dan memberikan contoh
teladan yang baik dalam kehidupan sehari-hari.
Collections
- Islamic Education [864]