Show simple item record

dc.contributor.authorSuci, Rahayu Bulan
dc.date.accessioned2024-01-10T03:47:31Z
dc.date.available2024-01-10T03:47:31Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46383
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan bahwa sebagian peserta didik kelas VII di MTs Negeri 10 Sleman ini memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an yang rendah berdasarkan tingkat ketuntasan belajar siswa. Dari permasalahan tersebut timbul dampak terhadap pembelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu siswa tidak tuntas dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan karena salah satu kriteria ketuntasan belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah siswa mampu menghafal Ayat-ayat tertentu dalam Al-Qur’an dan Hadits. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan dan tingkat keefektivitasan metode drill dalam mencapai ketuntasan belajar siswa di MTs Negeri 10 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi kasus dan bersifat deskriptif. Dalam penelitian ini populasinya adalah siswa kelas VII A, C dan D MTs Negeri 10 Sleman yang berjumlah 96 siswa. Karena jumlah populasi kurang dari 100 maka teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode drill yang diterapkan oleh guru Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri 10 Sleman berada dalam kategori efektif. Hal ini didasari atas analisis data hasil belajar siswa yang mendapatkan hasil 84,82% siswa dinyatakan lulus KKM, serta hasil angket yang mana mendapatkan hasil 79,87% yang berada dalam kategori efektif. Sejalan dengan penuturan guru, juga menyampaikan bahwa pembelajaran menggunakan metode drill sejauh ini bisa dikatakan efektif, hal ini dikarenakan baik dari proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan dalam mencapai ketuntasan belajar siswa metode drill sangat membantu dan efektif dalam penerapannya.en_US
dc.subjectMetode Drillen_US
dc.subjectKetuntasan Belajaren_US
dc.subjectAl-Qur’an Haditsen_US
dc.titleEfektivitas Metode Drill dalam mencapai Ketuntasan Belajar Siswa Kelas VII A,C dan D Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadits di MTSN 10 Slemanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422181


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record