Analisis Kepribadian Guru dalam Film Great Teacher Onizuka dan Relevansinya dengan Konsep Guru dalam Islam
Abstract
Permasalahan di bidang keguruan saat ini sangat kompleks dan memprihatinkan.
Terdapat beberapa kasus terkait dengan para guru yang telah melakukan tindakan negatif
yang merugikan peserta didik dan dunia pendidikan, Kepribadian guru dari tokoh utama
yaitu Onizuka-sensei. Yang diamati dari film Great Teacher Onizuka(GTO) live action.
Penelitian ini bertujuan untuk 1. Kepribadian guru apa saja yang terkandung dalam film
GTO. 2. Untuk mengetahui kepribadian guru yang cocok atau sesuai dengan kepribadian
guru dalam yang di ajarkan Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Sumber penelitian ini adalah
Film Great Teacher Onizuka (GTO) live action dan para pemeran tokoh di film tersebut.
Seleksi data ini adalah Pemilihan data dilakukan untuk melihat lebih dekat Film GTO.
Pendekatan ini adalah Pendekatan Objektif, Pendekatan Ekspresif, Pendekatan Memetik,
dan Pendekatan Pragmatis. Teknik Analisis Data dengan Deskripsi, Interprestasi,
Kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter utama guru memiliki sifat-sifat
yang sesuai dengan nilai-nilai kepribadian guru menurut Oemar Hamalik, di mana
Onizuka-sensei memperlihatkan sebanyak 7 dari 9 nilai tersebut. Terkait dengan relevansi
kepribadian guru menurut Islam, Onizuka-sensei juga cocok dengan pandangan Imam Al-
Ghazali bahwa seorang guru dapat menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-
hari, memberikan contoh nyata dari kepribadian yang Islami.
Collections
- Islamic Education [862]