Resiliensi Akademik dan Strategi Coping (Problem Focused Coping) terhadap Stres Akademik pada Siswa SMK Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Perubahan sistem belajar dari tatap muka di sekolah menjadi daring, menimbulkan tekanan
tersendiri bagi siswa khususnya siswa SMK. Keberhasilan pembelajaran semasa daring
dipengaruhi oleh kemampuan individu dalam menangani dan mengantisipasi tekanan yang
terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh resiliensi akademik dan Strategi
Coping (Problem Focused Coping), terhadap stress akademik pada siswa SMK selama
pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 194
orang yang mengikuti pembelajaran daring. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan Skala Stres Akademik, Skala Resiliensi Akademik, Skala Strategi coping
(Problem Focused Coping) yang dimodifikasi dari peneliti sebelumnya. Data dianalisis
dengan Regresi Berganda, menggunakan JASP. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa
resiliensi akademik dan strategi coping (problem focused coping) mampu secara bersama-
sama memprediksi stres akademik, dengan sumbangan efektif sebesar 46.2%.
Collections
- Master of Psychology [349]