Show simple item record

dc.contributor.authorMaulana, Farhan
dc.date.accessioned2024-01-10T03:04:16Z
dc.date.available2024-01-10T03:04:16Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46374
dc.description.abstractPenelitian ini mengevaluasi pembinaan akhlakul karimah di MTs N 9 Sleman, dengan fokus pada kelas 9. Melalui observasi pada kegiatan pembinaan akhlakul karimah seperti sholat berjamaah, tahfidz Al-Qur'an, dan setoran hafalan Al-Qur'an, serta partisipasi kepala sekolah dan wali kepala sekolah dalam kegiatan di masjid, penelitian ini mengidentifikasi ketidak- efektifan pembinaan akhlak dan kesulitan yang dihadapi dalam prosesnya. Penelitian ini menekankan pentingnya peran guru sebagai teladan, serta melibatkan keluarga dan masyarakat dalam pembinaan akhlakul karimah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pembinaan akhlakul karimah di MTs N 9 Sleman, mengetahui peran para guru dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam membina akhlak peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dalam proses memperoleh informasi mengenai peran guru dalam pembinaan akhlakul karimah di MTs N 9 Sleman. Hasil penelitian ini bahwa konsep pembinaan akhlak di MTs N 9 Sleman memandang akhlak lebih utama daripada ilmu pengetahuan, Konsep tersebut dimaknai dengan konsep pembiasaan dan pengawasan lingkungan dengan tujuan membentuk karakter yang kuat dan meningkatkan moralitas siswa. Kemudian peran guru MTs N 9 Sleman dalam membina akhlakul karimah yakni sebagai pengganti orang tua dirumah dan suri tauladan atau Role Model yang baik untuk peserta didiknya. Adapun beberapa faktor pendukungnya seperti sholat berjamaah di Masjid, Sedekah One day One Thousand, dan acara kegiatan keagamaan lainnya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan pengawasan guru di luar sekolah, bullying, kurangnya kesadaran dari peserta didik, serta lemahnya keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPeran Guru Pembinaanen_US
dc.subjectKelas 9en_US
dc.subjectAkhlakul Karimahen_US
dc.titlePeran Guru dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Peserta Didik Kelas 9 di MTS Negeri 9 Slemanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM17422104


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record