dc.description.abstract | LRT (Light Rail Transit) adalah salah satu sistem kereta api penumpang yang beroperasi di
perkotaan yang dapat berjalan bersama lalu lintas lain atau menggunakan lintasan khusus. LRT
Palembang beroperasi penuh sejak Agustus 2018 yang awalnya digunakan untuk mendukung
fasilitas ASIAN GAMES dan sekarang LRT Palembang diharapkan menjadi alternatif untuk
mengatasi kemacetan dan mempermudah perjalanan masyarakat di kota Palembang. Tetapi LRT
belum menjadi alternatif moda transportasi sehari-hari yang dipilih masyarakat Palembang sehingga
perlu dilakukannya evaluasi untuk kinerja pelayanan LRT Palembang. Aspek yang akan dievaluasi
yaitu kinerja operasional (keterlambatan kedatangan, keterlambatan keberangkatan, jumlah LRT
tepat waktu, dan distribusi penumpang perhari LRT Palembang) dan kinerja pelayanan berdasarkan
kepuasan dari penumpang. Metode yang digunakan dalam evaluasi kinerja pelayanan LRT
Palembang yaitu menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang mengacu dengan acuan PM 63
Tahun 2019.
Hasil analisis kinerja operasional LRT Palembang didapatkan hasil yang sudah sesuai dengan
yang ditetapkan Balai Pengelolaan LRT Palembang. Keterlambatan keberangkatan dan kedatangan
LRT Palembang sudah mengalami peningkatan ketepatan waktu yang sesuai dengan jadwal yang
sudah tersedia hingga Mei 2023 tidak ada keterlambatan yang terjadi. Jumlah LRT tepat waktu dari
Agustus 2018 awal LRT beroperasi hingga Mei 2023 ketepatan waktu perjalanan LRT Palembang
semakin meningkat dan sudah sesuai dengan jadwal yang tersedia. Distribusi perhari penumpang
LRT Palembang terendah yaitu terjadi pada tanggal 7 juli 2023 yang totalnya hanya 13.438
penumpang. Hasil analisis kinerja pelayanan didapatkan dari 16 atribut pertanyaan mengenai kinerja
pelayanan LRT di Kota Palembang didapatkan hasil analisis 15 atribut baik dan 1 atribut cukup baik.
Hasil dari analisis di dominasi kinerja pelayanan yang diberikan oleh LRT Palembang yaitu baik.
Tetapi kinerja pelayanan untuk pengaduan layanan LRT Palembang belum sepenuhnya berfungsi
maksimal karena hasil dari analisis pengaduan layanan masih cukup baik, sedangkan untuk layanan
pembelian tiket, harga tiket, pelayanan yang diberikan, petugas pelayanan, toilet, tempat ibadah,
waktu perjalanan, waktu tunggu penjemputan/kedatangan, sarana, prasarana, layanan angkutan
integrasi, kemudahan pemahaman angkutan integrasi yang tersedia, keamanan di Stasiun LRT
Palembang, keamanan di Kereta LRT Palembang, dan fasilitas penumpang disabilitas, ibu hamil,
dan lansia, berdasarkan hasil analisis baik. | en_US |