Show simple item record

dc.contributor.authorMargaretha, Tasya Novirda
dc.date.accessioned2024-01-10T01:40:27Z
dc.date.available2024-01-10T01:40:27Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46358
dc.description.abstractLRT (Light Rail Transit) adalah salah satu sistem kereta api penumpang yang beroperasi di perkotaan yang dapat berjalan bersama lalu lintas lain atau menggunakan lintasan khusus. LRT Palembang beroperasi penuh sejak Agustus 2018 yang awalnya digunakan untuk mendukung fasilitas ASIAN GAMES dan sekarang LRT Palembang diharapkan menjadi alternatif untuk mengatasi kemacetan dan mempermudah perjalanan masyarakat di kota Palembang. Tetapi LRT belum menjadi alternatif moda transportasi sehari-hari yang dipilih masyarakat Palembang sehingga perlu dilakukannya evaluasi untuk kinerja pelayanan LRT Palembang. Aspek yang akan dievaluasi yaitu kinerja operasional (keterlambatan kedatangan, keterlambatan keberangkatan, jumlah LRT tepat waktu, dan distribusi penumpang perhari LRT Palembang) dan kinerja pelayanan berdasarkan kepuasan dari penumpang. Metode yang digunakan dalam evaluasi kinerja pelayanan LRT Palembang yaitu menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang mengacu dengan acuan PM 63 Tahun 2019. Hasil analisis kinerja operasional LRT Palembang didapatkan hasil yang sudah sesuai dengan yang ditetapkan Balai Pengelolaan LRT Palembang. Keterlambatan keberangkatan dan kedatangan LRT Palembang sudah mengalami peningkatan ketepatan waktu yang sesuai dengan jadwal yang sudah tersedia hingga Mei 2023 tidak ada keterlambatan yang terjadi. Jumlah LRT tepat waktu dari Agustus 2018 awal LRT beroperasi hingga Mei 2023 ketepatan waktu perjalanan LRT Palembang semakin meningkat dan sudah sesuai dengan jadwal yang tersedia. Distribusi perhari penumpang LRT Palembang terendah yaitu terjadi pada tanggal 7 juli 2023 yang totalnya hanya 13.438 penumpang. Hasil analisis kinerja pelayanan didapatkan dari 16 atribut pertanyaan mengenai kinerja pelayanan LRT di Kota Palembang didapatkan hasil analisis 15 atribut baik dan 1 atribut cukup baik. Hasil dari analisis di dominasi kinerja pelayanan yang diberikan oleh LRT Palembang yaitu baik. Tetapi kinerja pelayanan untuk pengaduan layanan LRT Palembang belum sepenuhnya berfungsi maksimal karena hasil dari analisis pengaduan layanan masih cukup baik, sedangkan untuk layanan pembelian tiket, harga tiket, pelayanan yang diberikan, petugas pelayanan, toilet, tempat ibadah, waktu perjalanan, waktu tunggu penjemputan/kedatangan, sarana, prasarana, layanan angkutan integrasi, kemudahan pemahaman angkutan integrasi yang tersedia, keamanan di Stasiun LRT Palembang, keamanan di Kereta LRT Palembang, dan fasilitas penumpang disabilitas, ibu hamil, dan lansia, berdasarkan hasil analisis baik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectLRT Palembangen_US
dc.subjectKinerja pelayananen_US
dc.subjectKinerja Operasionalen_US
dc.subjectKuantitatif Deskriptifen_US
dc.titleEvaluasi Kinerja Pelayanan Light Rail Transit di Kota Palembangen_US
dc.title.alternativeService Performance Evaluation Light Rail Transit in Palembang Cityen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM18511134


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record