Peran Madrasah dan Orang Tua terhadap Dampak Game Online pada Santri Madrasah Diniyyah At-tahriah Jakarta Barat
Abstract
Fenomena dampak permainan game online pada anak telah menjadi
perhatian belakangan ini, dimana anak cenderung lebih emosional, berkata kasar,
kesulitan dalam mendengarkan perintah orang tua, kurangnya kendali emosi,
mengabaikan kewajiban sholat, kurangnya fokus belajar. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui faktor-faktor, dampak, dan peran madrasah serta orang tua
dalam usaha merekonstruksi siswa yang terkena dampak negatif akhlak dari
bermain game online.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, deskriptif. Subjek
penelitian berupa peserta didik yang bermain game online, guru akidah akhlak
serta kepala sekolah Madrasah Diniyyah At-Tahriah. Pengumpulan data
penelitian diperoleh melalui; observasi dan wawancara. Keabsahan data
dilakukan menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang
mempengaruhi siswa dalam mengakses game online berupa rasa bosan, mengisi
waktu luang, hiburan, daya tarik permainan, dan ajakan dari teman. Dampak
negatif pada akhlak berupa anak berkata kasar, emosi yang tidak stabil, dan
menunda waktu ibadah. Dampak positif berupa peningkatan keberanian dan
keterlibatan aktif dalam proses belajar . Peran madrasah dan orang tua
memberikan nasehat, informasi, kesabaran dan memberikan hukuman agar
peserta didik mengetahui konsekuensi. Disarankan bagi guru untuk menyajikan
metode pembelajaran yang beragam, orang tua harus mencontohkan yang baik,
mengisi waktu bersama anak dan memberikan kegiatan yang bermanfaat.
Collections
- Islamic Education [863]