dc.description.abstract | Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dapat menyebabkan
kebosanan dan kondisi kelas menjadi monoton sehingga materi yang diberikan oleh
guru kurang dipahami peserta didik. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada hasil
belajar peserta didik. Dalam penelitian ini membahas mengenai implementasi model
pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) dalam upaya
meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII A MTs Yapi
Pakem Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan
proses dan peningkatan hasil belajaran mata pelajaran Akidah Akhlak dengan model
pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada peserta didik
kelas VIII A di MTs Yapi Pakem, Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua
siklus dengan cara berkolaborasi bersama guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas
VIII A di MTs Yapi Pakem, Sleman. Subjek Penelitian yang digunakan berjumlah 32
peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu statistik
deskriptip dan model interaktif Miles dan Huberman.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses peningkatan
hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak menggunakan model pembelajaran aktif,
kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada peserta didik kelas VIII A di MTs
Yapi Pakem Sleman dilakukan dengan mengobservasi hasil belajar, dilanjutkan
dengan merancang dan menerapkan kegiatan pembelajaran bersama guru di dalam
kelas. Hasil penerapan kegiatan peningkatan hasil belajar menggunakan model
PAKEM tersebut menunjukkan adanya sebuah peningkatan. Peningkatan hasil belajar
dari pra tindakan ke siklus I hingga siklus II. Pada kemampuan awal 12.50% (kurang
sekali) meningkat sebesar 53,10% yaitu menjadi 65,60% (cukup) pada siklus I,
kemudian pada siklus II meningkat sebesar 25,10% menjadi 90,60% (baik). | en_US |