Show simple item record

dc.contributor.authorHanani, Devina Lutfi
dc.date.accessioned2024-01-10T01:21:50Z
dc.date.available2024-01-10T01:21:50Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46354
dc.description.abstractPenggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dapat menyebabkan kebosanan dan kondisi kelas menjadi monoton sehingga materi yang diberikan oleh guru kurang dipahami peserta didik. Hal tersebut tentunya akan berdampak pada hasil belajar peserta didik. Dalam penelitian ini membahas mengenai implementasi model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) dalam upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII A MTs Yapi Pakem Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan proses dan peningkatan hasil belajaran mata pelajaran Akidah Akhlak dengan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada peserta didik kelas VIII A di MTs Yapi Pakem, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan cara berkolaborasi bersama guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII A di MTs Yapi Pakem, Sleman. Subjek Penelitian yang digunakan berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu statistik deskriptip dan model interaktif Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses peningkatan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak menggunakan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) pada peserta didik kelas VIII A di MTs Yapi Pakem Sleman dilakukan dengan mengobservasi hasil belajar, dilanjutkan dengan merancang dan menerapkan kegiatan pembelajaran bersama guru di dalam kelas. Hasil penerapan kegiatan peningkatan hasil belajar menggunakan model PAKEM tersebut menunjukkan adanya sebuah peningkatan. Peningkatan hasil belajar dari pra tindakan ke siklus I hingga siklus II. Pada kemampuan awal 12.50% (kurang sekali) meningkat sebesar 53,10% yaitu menjadi 65,60% (cukup) pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat sebesar 25,10% menjadi 90,60% (baik).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectModel PAKEMen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectMadrasah Tsanawiyahen_US
dc.titleImplementasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (Pakem) dalam Upaya meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII A MTS YAPI Pakem Slemanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422165


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record