dc.contributor.author | Hidayah, Fahrul | |
dc.date.accessioned | 2024-01-09T07:19:01Z | |
dc.date.available | 2024-01-09T07:19:01Z | |
dc.date.issued | 2023 | |
dc.identifier.uri | dspace.uii.ac.id/123456789/46335 | |
dc.description.abstract | Pendidikan Anak Usia Dini menjadi pondasi dalam pembentukan karakter dan
kepribadian seseorang sehingga menjadi permasalahan yang penting untuk diberi tidak
lanjut. Psikologi belajar memiliki berbagai macam identifikasi dan solusi terhadap dunia
Pendidikan. Sedangkan Pendidikan Islam berisi pondasi dan tujuan pendidikan. Maka
dalam penelitian ini bertujuan untuk merumuskan konsep Pendidikan Anak Usia Dini
berdasarkan Psikologi Belajar dan Pendidikan Islam serta integrasi konsep Pendidikan
Anak Usia Dini berdasarkan Psikologi Belajar dan Pendidikan Islam.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian Studi Pustaka. Pendekatan yang diterapkan
dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan data yang disajikan secara
deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya sumber primer
dan skunder yaitu karya tulis ilmiah yang mendukung serta berkaitan dengan topik
penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi
kepustakaan dan dokumenter. Dan Teknik analisis data yang digunakan ialah Teknik
analisis konten.
Dari hasil penelitian ini menjelaskan bahwasannya konsep yang dapat dibangun
dari Psikologi belajar yaitu Tahap Belajar Anak Usia Dini, Metode Pembelajaran Anak
Usia Dini, Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini, dan Faktor yang Mempengaruhi Belajar
Anak Usia Dini. Kemudian dari Pendidikan Islam yaitu Lembaga Pendidikan Islam Anak
Usia Dini dan Materi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Kemudian integrasi konsep
Pendidikan Anak Usia Dini Berdasarkan perspektif Psikologi Belajar dan Pendidikan Islam
dapat diuraikan bahwa Pendidikan Islam merupakan bidang yang berperan sebagai pondasi
serta materi dalam Pendidikan Anak Usia Dini, sedangkan dalam Psikologi Belajar
merupakan aspek atau bidang yang berperan sebagai jalan atau sarana untuk mencapai
tujuan Pendidikan Anak Usia Dini. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
dc.subject | Psikologi Belajar | en_US |
dc.subject | Pendidikan Islam | en_US |
dc.title | Konsep Pendidikan Anak Usia Dini berdasarkan Perspektif Psikologi Belajar dan Pendidikan Islam | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.Identifier.NIM | 19422015 | |