Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Nilai-nilai Akhlakul Karimah Siswa MAN 1 Yogyakarta
Abstract
Pembinaan Akidah Akhlak siswa sangatlah penting, karena salah satu
faktor penyebab kegagalan pendidikan Islam selama ini adalah rendahnya akhlakul
karimah siswa. Akhlakul arimah siswa harus senantiasa dibina, karena akhlakul
karimah siswa dapat bertujuan untuk membentuk kepribadian siswa sehingga
memiliki kepribadian muslim yang dapat bersosialisasi dengan baik antar manusia
sesuai dengan ajaran agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk 1. mengetahui
peran guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa MAN 1
Yogyakarta 2. Untuk mengetahui faktor pendukung guru akidha akhlak dalam
meningkatkan akhlakuk karimah 3. Untuk mengatahui kendala atau faktor
penghambat guru Akidah Akhlak dalam memingkatkan akhlakul karimah siswa.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Informan
penelitian ini terdiri dari Kepala madrasah, Waka kurikulum, Guru Akidah Akhlak
, Siswa kelas X dan Siswa kelas XI MAN 1 Yogyakarta. Objek penelitian ini berupa
peran guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan ahlakul karimah siswa. Teknik
yang peneliti guankan yaitu teknik purposive sampling yaitu pengambilan sumber
data informan sudah ditentukan oleh peneliti. Teknik pengumpulan data dalam
metode ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru Akidah Akhlak dalam
meningkatkan akhlakul karimah siswa MAN 1 Yogyakarta terutama pada nilai
kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab dan ajaran agama Islam telah mengalami
peningkatan walau masih ada beberapa siswa yang masih belum berubah. Namun
usaha guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa sudah
maksimal walaupun masih ada beberapa siswa yang masih perlu diarahkan lagi.
Peran guru Akidah Akhlak sangat penting dalam meningkatkan akhlakul karimah
siswa.
Collections
- Islamic Education [864]