Upaya Guru dalam mengatasi Problematika Pendidikan Agama Islam pada Peserta Didik di SDN Sidomulyo 1 Wonosalam, Kab. Demak
Abstract
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu komponen penting dalam
kurikulum pendidikan di Indonesia, termasuk di tingkat sekolah dasar. SDN
Sidomulyo 1 sebagai salah satu sekolah dasar yang juga menyelenggarakan
pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Namum, dalam praktiknya, terdapat
beberapa problematika yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di SDN
Sidomulyo 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis
problematika yang dihadapai dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN
Sidomulyo 1 serta memberikan rekomendasi solusi untuk mengatasi masalah
tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif derkriptif.
Melalui pengumpulan data, melalui observasi, wawancara, dan analisis
data, penelitian ini merupakan beberapa problematika dalam pembelajaran PAI di
SDN Sidomulyo 1. Pertama, kurangnya kemampuan siswa dalam membaca Al-
Qur’an, sehingga siswa di sekolah kurang mencapai pembelajaranPAI. Kedua,
kurangnya sumber daya sekolah, sehingga siswa tidak bisa maksimal dalam
pembelajaran. Ketiga kurangnya minat dan motivasi siswa yang menyebabkan
siswa tidak berminat untuk mengikuti pembelajaran.
Berdasarkan penelitian ini, menunjukan untuk mengatasi problematika
pembelajaran PAI di SDN Sidomulyo 1. Pertama, mengajarkan dan menambakan
waktu dalam pembelajaran Al-Qur’an sehingga siswa lebih bisa efektif dan dapat
belajar secara maksimal. Kedua, memberikan fasilitas dan strategi pembelajaran.
Ketiga, memberikan motivasi kepada siswa untuk memberikan semangat yang
cukup bagi pemahaman konsep dan praktik agama secara mendalam.
Collections
- Islamic Education [863]