Implementasi Kegiatan Kerohanian dalam Menunjang Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient) dan Kecerdasan Intelektual (Intelligence Quotient) Siswa di MTSN 6 Sleman
Abstract
Sejatinya pendidikan merupakan salah satu bidang yang berpengaruh dalam
kehidupan manusia. Tujuan utama pendidikan adalah mencerdaskan kehidupan.
Kecerdasan sendiri dibagi menjadi 3 golongan, yaitu kecerdasan Spiritual,
Emosional dan Intelektual. Seiring perkembangan, kini sekolah menawarkan
program unggulannya dalam menarik minat siswa. Pada dasarnya sekolah yang
baik adalah sekolah yang mengedepankan kecerdasan spiritual dan intelektual para
peserta didiknya. Penelitian dilakukan di MTs Negeri 6 Sleman dengan tujuan
mengetahui bagaimana proses Implementasi Kegiatan Kerohanian Dalam
Menunjang Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotien) Dan Kecerdasan Intelektual
(Intellegence Quotient) Siswa.
Metode penelitian yang digunakan peneliti menggunakan pendekatan
kualitatif. Peneliti datang ke sekolah untuk proses pengumpulan data. Adapun data
yang diperoleh yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan
menggunakan teknik triangulasi dalam uji keabsahan datanya. Informan dalam
penelitian ini berjumlah tujuh orang yang meliputi kepala sekolah, kurikulum
sekolah, tiga guru dan dua murid.
Hasil penelitian menunjukan bahwa proses Implementasi Kegiatan
Kerohanian Dalam Menunjang Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotien) Dan
Kecerdasan Intelektual (Intellegence Quotient) Siswa Di MTs N 6 Sleman
dilakukan dengan melakukan berbagai program keagamaan yang di kelompokan
dalam program intra maupun ekstra. Program yang telah dibuat diharapkan dapat
membuat anak terbiasa untuk melakukaknnya sehingga dapat diterapkan
dikehidupan hariannya. Dalam proses implementasi, ada beberapa kendala yang
muncul seperti dari anak, penjadwalan dan orang tua. Kendala yang muncul dicari
solusinya menggunakan analisis SWOT. Secara keseluruhan, Proses implementasi
telah berjalan dengan baik. Dengan telah baiknya proses implementasi,peneliti
berpendapat bahwa MTs N 6 Sleman merupakan tempat ideal bagi siswa yang ingin
memiliki kecerdasan spiritual dan intelektual yang tinggi yang didapatkan dari
proses implementasi kegiatan kerohanian yang baik.
Collections
- Islamic Education [862]