dc.description.abstract | Al-Qur’an merupakan kitab yang sangat terjaga dan menjadi pedoman
hidup manusia. Seseorang yang menghafal Al-Qur’an akan berpengaruh pada
kecerdasan intelektualnya karena seorang penghafal Al-Qur’an menghafal dengan
sungguh-sungguh dengan sangat teliti pada setiap ayat yang dihafalnya.
Berdasarkan data dari hasil wawancara dengan salah satu guru, maka terdapat
permasalahan bahwa jam tahfidz yang singkat sehingga waktu murojaah yang
kurang dan beberapa siswa yang mengeluh bahwa hafalan Al-Qur’an cukup
memberatkan siswa sehingga akan mempengaruhi prestasinya serta motivasi siswa
dalam meningkatkan prestasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
ada atau tidak serta seberapa besar pengaruh hafalan Al-Qur’an dan motivasi
berprestasi terhadap prestasi akademik siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat asosiatif.
Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran
dengan sampel 52 siswa. teknik sampling menggunakan cluster random sampling
karena terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3. Penelitian
ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 26 for
windows.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka memperoleh
hasil bahwa: 1) Pengaruh hafalan Al-Qur’an dan motivasi berprestasi terhadap
prestasi akademik siswa termasuk pada kategori sedang atau cukup, dibuktikan
dengan nilai korelasinya 0,620. 2) Rata-rata nilai raport siswa berkategori sangat
baik. 3) Pengaruh hafalan Al-Qur’an dan motivasi berprestasi terhadap prestasi
akademik siswa sebesar 35,9 % hasil nilai signifikan (sig) sebesar 0,000 (0,000 <
0,05) dan nilai adjusted R-Square = 0,359) sedangkan 64,1% dipengaruhi oleh
variabel lain. | en_US |