Show simple item record

dc.contributor.authorAsyiah, Annisa Nur
dc.date.accessioned2024-01-08T07:06:54Z
dc.date.available2024-01-08T07:06:54Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46302
dc.description.abstractAl-Qur’an merupakan kitab yang sangat terjaga dan menjadi pedoman hidup manusia. Seseorang yang menghafal Al-Qur’an akan berpengaruh pada kecerdasan intelektualnya karena seorang penghafal Al-Qur’an menghafal dengan sungguh-sungguh dengan sangat teliti pada setiap ayat yang dihafalnya. Berdasarkan data dari hasil wawancara dengan salah satu guru, maka terdapat permasalahan bahwa jam tahfidz yang singkat sehingga waktu murojaah yang kurang dan beberapa siswa yang mengeluh bahwa hafalan Al-Qur’an cukup memberatkan siswa sehingga akan mempengaruhi prestasinya serta motivasi siswa dalam meningkatkan prestasinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak serta seberapa besar pengaruh hafalan Al-Qur’an dan motivasi berprestasi terhadap prestasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat asosiatif. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran dengan sampel 52 siswa. teknik sampling menggunakan cluster random sampling karena terdiri dari 3 kelas yaitu kelas XI IPA 1, XI IPA 2, dan XI IPA 3. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 26 for windows. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka memperoleh hasil bahwa: 1) Pengaruh hafalan Al-Qur’an dan motivasi berprestasi terhadap prestasi akademik siswa termasuk pada kategori sedang atau cukup, dibuktikan dengan nilai korelasinya 0,620. 2) Rata-rata nilai raport siswa berkategori sangat baik. 3) Pengaruh hafalan Al-Qur’an dan motivasi berprestasi terhadap prestasi akademik siswa sebesar 35,9 % hasil nilai signifikan (sig) sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) dan nilai adjusted R-Square = 0,359) sedangkan 64,1% dipengaruhi oleh variabel lain.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMenghafal Al-Qur’anen_US
dc.subjectPrestasien_US
dc.subjectMotivasi Siswaen_US
dc.titlePengaruh Hafalan Al-qur’an dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Sunan Pandanaranen_US
dc.title.alternativeThe Influence of Al-qur'an Memorization and Achievement Motivation on Academic Achievement of Class XI IPA Madrasah Aliyah Sunan Pandanaranen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422024


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record