Show simple item record

dc.contributor.authorIrfandi, Ahmad Hayu
dc.date.accessioned2024-01-08T06:32:28Z
dc.date.available2024-01-08T06:32:28Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46298
dc.description.abstractPerkembangan zaman telah membawa berbagai macam metode dalam menghafal Al-Qur'an, mulai dari yang ditujukan untuk mereka yang belum bisa membaca Al-Qur'an hingga metode untuk memperkuat hafalan Al-Qur'an seseorang. Penelitian ini menyoroti salah satu metode terbaru, yaitu metode hafalan blok warna, yang diterapkan di kelas tahfidz di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan total 7 informan, termasuk kepala Madrasah, koordinator keagamaan, guru tahfidz, dan peserta didik kelas tahfidz. Metode pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik puposive sampling, dan teknik pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model interaktif Miles dan Huberman, yang terdiri dari tiga tahap: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dipastikan melalui teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode hafalan blok warna adalah pendekatan menghafal Al-Qur'an yang menggabungkan konsep talaqqi dengan menggunakan Al-Qur'an berblok warna khusus. Penerapan metode ini melibatkan dua tahap, yaitu tahap persiapan yang mencakup kurikulum, seleksi guru, penerimaan peserta didik baru, dan pengadaan Al-Qur'an berblok warna. Kemudian, ada tahap pelaksanaan yang terdiri dari program intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Faktor pendukung dalam penerapan metode ini meliputi peran aktif guru, dukungan dari madrasah, dan peran orang tua dalam mendukung proses hafalan. Namun, ada juga beberapa faktor penghambat, seperti rendahnya motivasi siswa, beban tugas sekolah yang banyak, dan kurangnya perhatian dari orang tua.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPenerapanen_US
dc.subjectMetodeen_US
dc.subjectBlok Warnaen_US
dc.titlePenerapan Metode Hafalan menggunakan Blok Warna dalam meningkatkan Hafalan Peserta Didik pada Program Unggulan Tahfidz di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Sleman Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM(19422087)


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record