Show simple item record

dc.contributor.authorNisa, Khoirotun
dc.date.accessioned2024-01-08T03:54:22Z
dc.date.available2024-01-08T03:54:22Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46276
dc.description.abstractPenelitian yang dilakukan dilatarbelakangi dari aktivitas seksual yang meningkat di kalangan remaja dan anak dalam suatu instansi pendidikan, dikarenakan kurangnya informasi pendidikan seksualitas, sehingga belum mendapatkan pendidikan seksualitas yang memadai sesuai dengan usianya. Pendidikan seksualitas sangat penting diajarkan kepada anak agar mencegah terjadinya tindak kekerasan dan pelecehan seksual pada anak. Fakta lapangan yang ditemukan peneliti di SDIT Salman Al Farisi 2 Sleman Yogyakarta yaitu belum adanya referensi yang berkaitan dengan pembahasan tentang pendidikan seksualitas islami untuk anak usia sekolah dasar. Sehingga guru sulit untuk memberikan materi pendidikan seksualitas islami untuk anak usia sekolah dasar. Guru hanya menyelipkan di pelajaran-pelajaran tertentu melalui LKS atau modul tertentu dan belum dapat memberikan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media cetak berupa modul pendidikan seksualitas islami untuk anak usia sekolah dasar dan mengetahui kelayakan penggunaan modul pendidikan seksualitas islami. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau dikenal Research and Development (R & D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D menurut Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas 4 dan 30 siswa kelas 5 SDIT Salman Al Farisi 2 Sleman Yogyakarta. Instrumen penelitian berupa angket analisis kebutuhan peserta didik, analisis kebutuhan pendidik, dan kelayakan modul pendidikan seksualitas islami untuk mendapatkan tanggapan dari para ahli media dan materi. Hasil penelitian dari kelayakan modul yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli media dan materi menghasilkan nilai rata-rata 103,5 pada kategori “sangat baik” yang menunjukkan modul tersebut layak dipergunakan di lapangan dengan perbaikan saran dari para ahli.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectModulen_US
dc.subjectPendidikan Seksualitas Islamien_US
dc.subjectAnak Usia Sekolah Dasaren_US
dc.titlePengembangan Modul Pendidikan Seksualitas Islami untuk Anak Usia Sekolah Dasar di SDIT Salman Al Farisi 2 Sleman Yogyakartaen_US
dc.title.alternativeIslamic Sexuality Education Module Development for Elementary School Age Children at SDIT Salman Al Farisi 2 Sleman Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422020


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record