dc.contributor.author | Nisa, Khoirotun | |
dc.date.accessioned | 2024-01-08T03:54:22Z | |
dc.date.available | 2024-01-08T03:54:22Z | |
dc.date.issued | 2023 | |
dc.identifier.uri | dspace.uii.ac.id/123456789/46276 | |
dc.description.abstract | Penelitian yang dilakukan dilatarbelakangi dari aktivitas seksual yang
meningkat di kalangan remaja dan anak dalam suatu instansi pendidikan,
dikarenakan kurangnya informasi pendidikan seksualitas, sehingga belum
mendapatkan pendidikan seksualitas yang memadai sesuai dengan usianya.
Pendidikan seksualitas sangat penting diajarkan kepada anak agar mencegah
terjadinya tindak kekerasan dan pelecehan seksual pada anak. Fakta lapangan
yang ditemukan peneliti di SDIT Salman Al Farisi 2 Sleman Yogyakarta yaitu
belum adanya referensi yang berkaitan dengan pembahasan tentang pendidikan
seksualitas islami untuk anak usia sekolah dasar. Sehingga guru sulit untuk
memberikan materi pendidikan seksualitas islami untuk anak usia sekolah dasar.
Guru hanya menyelipkan di pelajaran-pelajaran tertentu melalui LKS atau modul
tertentu dan belum dapat memberikan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan
mengembangkan media cetak berupa modul pendidikan seksualitas islami untuk
anak usia sekolah dasar dan mengetahui kelayakan penggunaan modul pendidikan
seksualitas islami.
Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau dikenal
Research and Development (R & D). Penelitian ini menggunakan model
pengembangan 4-D menurut Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan:
pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development),
penyebaran (disseminate). Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas 4 dan 30
siswa kelas 5 SDIT Salman Al Farisi 2 Sleman Yogyakarta. Instrumen penelitian
berupa angket analisis kebutuhan peserta didik, analisis kebutuhan pendidik, dan
kelayakan modul pendidikan seksualitas islami untuk mendapatkan tanggapan
dari para ahli media dan materi.
Hasil penelitian dari kelayakan modul yang dikembangkan berdasarkan
penilaian ahli media dan materi menghasilkan nilai rata-rata 103,5 pada kategori
“sangat baik” yang menunjukkan modul tersebut layak dipergunakan di lapangan
dengan perbaikan saran dari para ahli. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Modul | en_US |
dc.subject | Pendidikan Seksualitas Islami | en_US |
dc.subject | Anak Usia Sekolah Dasar | en_US |
dc.title | Pengembangan Modul Pendidikan Seksualitas Islami untuk Anak Usia Sekolah Dasar di SDIT Salman Al Farisi 2 Sleman Yogyakarta | en_US |
dc.title.alternative | Islamic Sexuality Education Module Development for Elementary School Age Children at SDIT Salman Al Farisi 2 Sleman Yogyakarta | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.Identifier.NIM | 19422020 | |