RENA Recycling Project : Rebranding Produk Kerajinan Daur Ulang Sampah Plastik (Bidang Pemasaran)
Abstract
Sampah menjadi suatu pemasalahan berkepanjangan, terutama yang berkaitan dengan
sampah plastik yang dimana sering diproduksi dan membutuhkan ratusan tahun
lamanya agar dapat terurai. Faktor tersebut membuat penulis bersama teman-teman
tim bisnis penulis akan memulai untuk melakukan perintisan bisnis dengan cara
rebranding produk sampah plastik yang didaur ulang mengingat masyarakat sekitar
masih jarang memanfakan sebaik mungkin apalagi produk tersebut diproduksi dengan
unik sehingga masyarakat perlahan sadar bahwasanya produk daur ulang sampah
plastik tersebut bisa didaur ulang dengan menghasilkan produk serbaguna dan elegan
serta sesuai dengan penerapan Go-Green. Penulis bersama teman-teman tim bisnis
melakukan perintisan bisnis yang berjudul RENA Recycling Project: Rebranding
Produk Daur Ulang Sampah Plastik yang pelaksanaannya di bulan September sampai
bulan desember tahun 2022. Pada laporan perintisan bisnis RENA Recycling Project
tersebut, awalnya penulis fokus terhadap aspek pemasaran dari bisnis tersebut yaitu,
survey pasar, desain logo, pengenalan brand via media sosial, membuat konten
pemasaran dan akhirnya fokus terhadap pemasaran offline secara WOM (Word Of
Mouth) melalui sistem COD (Cash on Delivery), berkoordinasi dengan bidang
produksi dan bidang keuangan. Penulis melakukan penjualan produk dilakukan
melalui mulut ke mulut (pemasaran offline).
Collections
- Islamic Economics [827]